Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Tonton Laga Dewa United vs Persis Solo, Pantau Egy atau Sananta?

Jumat, 4 Agustus 2023 17:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Shin Tae-yong dan asistennya pantau langsung laga Dewa United vs Persis Solo di Indomilk Arena. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Shin Tae-yong dan asistennya pantau langsung laga Dewa United vs Persis Solo di Indomilk Arena. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terlihat hadir di tribun Indomilk Arena, Tangerang, saat laga pekan keenam Liga 1 Indonesia 2023/24 antara Dewa United vs Persis Solo. Dia ditemani tiga asistennya. 

Ada pun tiga asisten yang juga hadir di stadion sore ini adalah Shin Sang-gyu, Choi In Cheol dan Cho Byung-kyuk. Lalu ada juga penerjemah timnas, Jeje. 

Kehadiran mereka di Indomilk Arena disinyalir untuk memantau pemain timnas, baik U-23 maupun senior. Pasalnya, Shin Tae-yong diserahi menangani dua level timnas itu. 

Khusus timnas U-23, akan segera mengikuti Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17-26 Agustus mendatang. Karena itu, Shin Tae-yong memantau langsung laga sore ini. 

Dari Dewa United, sejumlah pemain muda seperti Egy Maulana Vikri, Theo Fillo Numberi, Alta Ballah dan Ahmad Rusadi. Lalu juga Ricky Kambuaya di Timnas senior. 

Sedangkan dari Persis, ada nama Irfan Jauhari dan Ramadhan Sananta yang sebelumnya juara SEA Games 2023 bersama Timnas U-22. 

Saat ini, Shin Tae-yong belum merilis nama pemain untuk timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023. Tapi, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan jika pelatih asal Korea Selatan itu telah mengantongi nama incaran. 

Untuk timnas U-23, Shin Tae-yong juga tak hanya menyiapkan pemain ke Piala AFF U-23, tapi juga ke Kualifikasi Piala Asia U-23 yang dimainkan pada 4-12 September mendatang di Stadion Manahan Solo.

Timnas U-23 tergabung di Grup K dan akan bersua dua tim. Calon lawannya adalah Turkmenistan dan Chinese Taipei atau Taiwan. 

Tak hanya itu, Juru taktik berusia 62 tahun itu, juga harus menyiapkan timnas senior karena akan ada FIFA matchday pada 4-12 September nanti. 

Sementara itu, Shin Tae-yong mengungkapkan dua target utama bersama timnas Indonesia setelah lakukan pembicaraan empat mata dengan ketua umum PSSI, Erick Thohir

Harapannya adalah membawa timnas Indonesia lolos di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan timnas U-23 untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Apa yang dibicarakan Pak Erick Thohir ada dua project," jelas Shin Tae-yong dalam wawancaranya dengan Denny Sumargo di You Tube. 

"Pertama, lolos sampai babak terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain itu lolos ke Olimpiade 2024," tuntas arsitek berusia 53 tahun tersebut.