In-depth

Daftar Pemain Asing Top yang Tampil di Liga 2 Musim Depan

Sabtu, 5 Agustus 2023 21:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib Bandung, Ezechiel NDouassel berduel dengan pemain Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (23/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib Bandung, Ezechiel NDouassel berduel dengan pemain Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (23/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COMLiga 2 Indonesia musim 23/24 diprediksi bakal semakin seru untuk disaksikan lantaran kehadiran sejumlah pemain asing berkualitas. Siapa sajakah mereka?

Seperti diketahui, untuk kali pertama sejak tahun 2014 lalu, PSSI membuat gebrakan dengan kembali mengizinkan klub-klub Liga 2 untuk menggunakan pemain asing.

Selain menggunakan pemain asing, dalam keputusannya Erick Thohir selaku Ketum PSSI menyebut bahwa tim Liga 2 musim depan juga boleh menggunakan satu pemain naturalisasi.

"Liga 2 sepakatnya ada satu naturalisasi dan 1+1 (Asia tenggara). Ini upaya mereka yang sedang digodok. Ini belum tuntas masih akan ada diskusi antara liga dan klub buat terbitkan aturan agar fairness," ujar Erick Thohir.

Dengan keputusan tersebut, sejumlah tim peserta pun sudah mulai mempersiapkan skuatnya dengan mendatangkan pilar asing jelang Liga 2 23/24 bergulir.

Meski berlabel Liga 2, namun ada beberapa tim yang sukses menggaet pemain asing dengan nama cukup tenar di sepak bola.

Berikut INDOSPORT merangkum, para legiun asing ternama yang hiasi Liga 2 musim depan:

Chencho Gyeltshen
Nama pertama adalah Chencho Gyeltshen. Pemain berusia 27 tahun ini merupakan salah satu tumpuan buat timnas negaranya, Bhutan.

Tercatat, Chencho Gyeltshen yang berposisi sebagai penyerang tersebut sudah torehkan 42 caps buat Timnas Bhutan dan mencetak 12 gol.

Untuk prestasinya pun terbilang apik, yakni meraih top skor Bhutan National League serta Golden Ball dan Best Forward I-League di India musim 2017/18.

Berbekal capain individu tersebut, kehadiran Chencho Gyeltshen diprediksi bakal bisa membawa Sriwijaya FC kembali ke kasta teratas Liga Indonesia musim depan.

Kervens Belfort
Berikutnya adalah Kervens Belfort. Tak cuma satu, ternyata Sriwijaya FC juga sukses mendatangkan dua mesin gol asing dengan kualitas jempolan serta berstatus bintang timnas.

Kervens Belfort merupakan striker berusia 31 tahun asal Haiti dan sudah torehkan 37 caps bersama skuat senior The Grenadiers.

Prestasi individu Kervens Belfort pun bukan kaleng-kaleng. Pada tahun 2014 lalu, dirinya berhasil menyabet gelar top skor Caribbean Cup atau ajang Piala AFF benua Karibia.

Dengan duet Chencho Gyeltshen dan Kervens Belfort, menarik dinantikan kiprah Sriwijaya FC pada Liga 2 musim depan.

Ezechiel N'Douassel
Terakhir ada Ezechiel N'Douassel. Pemain berusia 35 tahun ini mungkin sudah sangat dikenal para penggemar Liga 1 lantaran pernah malang-melintang di kompetisi tertinggi Tanah Air.

Sebelum resmi bergabung dengan Bekasi City untuk Liga 2 23/24, Ezechiel N'Douassel lebih dulu jadi sorotan saat tampil buat Persib Bandung serta Bhayangkara FC.

Bersama Persib Bandung, striker asal Chad ini sukses mencetak 36 gol dari total 62 pertandingan sepanjang tahun 2017 hingga 2019.

Untuk karier internasional, Ezechiel N'Douassel juga merupakan tumpuan Timnas Chad dan telah mengoleksi 14 gol dari total 47 caps di semua ajang.