Liga 1

Euforia Bikin Juara Bertahan Liga 1 Babak Belur Harus Disudahi Persik Kediri

Sabtu, 5 Agustus 2023 18:10 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik Kediri
Selebrasi pemain Persik Bayu Otto denagn rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga pekan ketiga Liga 1 di Stadion Brawijaya (Kediri), Sabtu (15/07/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi pemain Persik Bayu Otto denagn rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga pekan ketiga Liga 1 di Stadion Brawijaya (Kediri), Sabtu (15/07/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri baru saja diliputi euforia besar seiring kesuksesan mengalahkan juara bertahan Liga 1 Indonesia pada pekan ke-6 kemarin.

Tim berjulukan Macan Putih membalikkan semua prediksi dengan melumat PSM Makassar 2-1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Kamis (3/8/23). Mereka sekaligus menyudahi tren buruk dua kali kalah beruntun melawan Persib Bandung (1-2) dan Dewa United (0-3).

Di sisi lain, kemenangan tipis itu sekaligus membalas kekalahan Persik pada musim lalu. Saat putaran kedua, mereka takluk 1-2 di Parepare, 19 Februari silam.

"Pertandingan kami lalui dengan sangat berat. Apalagi melawan PSM Makassar yang selalu kuat tampil di kandang," ungkap Vava Mario Yagalo.

Vava menyebut, kunci sukses kemenangan atas juara bertahan Liga 1 itu tak lepas dari kedisiplinan rekan setimnya selama 90 menit. Ada pula perubahan taktikal yang jitu memakai tiga bek.

"Perubahan strategi membuat permainan semakin baik. Tapi, kembali lagi, kemenangan ini berkat kerja keras selama latihan," beber Vava Mario. 

Tambahan tiga poin langsung mengangkat posisi Persik yang sebelumnya berkubang di zona degradasi, kini berada di urutan ke-12 klasemen Liga 1 dengan perolehan tujuh angka.

"Kami bersyukur mendapatkan kemenangan ini. Tak lupa, kami persembahkan kepada suporter di Kediri yang mendukung di setiap saat," imbuh Vava.

Namun, euforia itu mesti segera disudahi karena Persik sudah ditunggu jadwal tak kalah beratnya saat menantang tuan rumah Bali United, Senin (9/8/23).

Persik memang mesti melakoni jadwal Liga 1 yang mulai padat antara pekan ke-6 dan 7. Setelah dari Makassar, pasukan Marcelo Rospide tak pulang ke Kediri. 

Anderson Nascimento dkk. bahkan langsung meluncur ke Pulau Dewata, lantaran jarak laga hanya berjarak empat hari menghadapi Bali United.

"Melawan Bali United kami akan pikirkan lagi, harus fokus lagi. Oke kita nikmati dulu kemenangan (atas PSM) ini," sebut Vava Mario Yagalo.

"Dan bagi saya, euforia kemenangan ini harus segera dilupakan. Karena kami harus fokus lagi," tambah eks pemain Persija Jakarta tersebut.

Kini, Vava dan rekan setim mendapatkan tambahan motivasi pasca- kemenangan penting di markas PSM Makassar. Mereka pun bertekad melanjutkannya.

Terlebih, Tim Macan Putih punya pengalaman pahit saat away ke Stadion Kapten I Wayan Dipta. Persik pernah digulung empat gol tanpa balas, 27 Agustus 2022.

"Sekali lagi, kami harus lupakan euforia ini dan fokus lagi lawan Bali United. Mudah-mudahan mendapat kemenangan lagi," pungkas Vava Mario.