Liga Indonesia

Hari Nur Nyaris Bawa Malut United Menang, Begini Respons Imran Nahumarury

Sabtu, 5 Agustus 2023 21:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Media PSIS
Hari Nur Yulianto nyaris membawa Malut United menang dalam uji coba pramusim di Stadion Kebo Giro, Boyolali, Sabtu (5/8/23). Nusantara United menyamakan kedudukan jadi 2-2 pada penghujung laga. Copyright: © Media PSIS
Hari Nur Yulianto nyaris membawa Malut United menang dalam uji coba pramusim di Stadion Kebo Giro, Boyolali, Sabtu (5/8/23). Nusantara United menyamakan kedudukan jadi 2-2 pada penghujung laga.

INDOSPORT.COM - Hari Nur Yulianto nyaris membawa Malut United menang dalam uji coba pramusim di Stadion Kebo Giro, Boyolali, Sabtu (5/8/23). Nusantara United menyamakan kedudukan jadi 2-2 pada penghujung laga.

Duel sesama tim Liga 2 ini terjadi saat kompetisi menyisakan waktu sebulan lagi. Nusantara United dan Malut United yang telah merampungkan perekrutan pemain lokal sama-sama melihat progres tim.

Duel ini tak layak disebut pertarungan tim kelas kedua. Mayoritas pemain yang jadi bagian dari kedua tim adalah para pemain langganan tim inti dari Liga 1. 

Salah satu nama yang cukup dikenal adalah Hari Nur Yulianto. Penyerang asal Semarang yang tak deal kontrak dengan PSIS Semarang ini menjadi penyerang dari tim Malut United.

Di belakang Hari Nur ada nama-nama, seperti Rifal Lastori, Andreas Ado dan Hendra Adi Bayauw. Sementara dua bek sayap yang kerap membantu serangan adalah eks kapten PSS Sleman, Bagus Nirwanto dan eks Barito Putera, Aditya Putra Dewa.

Sementara dari Nusantara United ada Braif Fatari, Risna Prahala Benta, Mahdi Albar, Rafi Syarahil, Hamsa Lestaluhu hingga Jordan Zamorano. 

Dua kali Malut United mampu unggul terlebih dahulu. Malut United membuka gol lewat Ichlasul Qadri, yang kemudian disamakan Nusantara United lewat bek asing asal Jepang, Yusaku. 

Lalu, Hari Nur membawa timnya unggul 2-1 lewat putih. Namun, pada detik terakhir sebelum laga usai, Nusantara United mencetak gol fantastis lewat sepakan jarak jauh Bagas Satrio.

Pelatih Malut United, Imran Nahumarury, tak begitu memikirkan hasil akhir dari laga ini. Ia mengatakan deretan uji coba yang dilakukan di Jawa Tengah dan DIY merupakan bagian dari upaya memberi menit bermain. 

"Lebih banyak uji coba, lebih banyak kesempatan buat pemain untuk bermain, karena tim ini bukan sebelas pemain. Semua pemain harus punya kesempatan yang sama," kata Imran usai pertandingan. 

"Setelah semua dapat kesempatan lewat uji coba, baru kita tentukan sebelas nama. Di uji coba ini kita juga ingin melihat sejauh mana kondisi fisik para pemain," lanjut Imran Nahumarury.

Imran tak menggaransi nama-nama besar eks Liga 1 di Malut United, termasuk Hari Nur Yulianto, bakal otomatis jadi tim inti. Ia mengatakan penentuan pemain inti tetap dilakukan berdasarkan hasil kerja keras dalam latihan dan uji coba.

Makanya, Malut United perlu melakukan banyak uji coba sebelum Liga 2 dimulai pada September mendatang. Setelah melawan Nusantara United, Malut United akan melawan Persekat Tegal.

Kemudian, tim akan melakukan pemusatan latihan akhir di Jakarta. Malut United bakal melengkapi tim ini dengan pencarian dua pemain asing, sesuai kuota di Liga 1 2023-2024.

"Umur itu hanyalah angka. Ketika saya ambil mereka, itu bukan soal nama besar, tapi karena pengalaman mereka. Tapi pengalaman tidak cukup kalau tidak diimbangi dengan kerja keras," ucap Imran.

"Saya katakan pada semua, tidak ada bintang di tim ini. Semua posisinya sama, termasuk saya. Ketika masuk tim ini, ketika kita bisa memberikan prestasi buat tim ini, baru kalian bisa dibilang pemain bintang," lanjutnya.

Terkait drama empat gol dalam duel ini, Imran bisa melihat hal positif untuk diperbaiki. Imran pun turut bersyukur ketika Nusantara United bisa mencetak gol penyama kedudukan pada detik akhir laga.

"Ini uji coba yang bagus juga karena kita bisa melihat apa yang kurang di tim, karena kita belum banyak latihan taktikal. Kita akan memperbaiki lagi cara bertahan dan cara menyerang," ungkap Imran.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menentukan grup dari para peserta di Liga 2 2023-2024. Yang jelas, ada tiga tiket yang akan diperebutkan untuk promosi ke Liga 1 2024-2025.