Liga Indonesia

Kabar Terbaru Iwan Bule, Tak Lagi Urus Sepak Bola dan Siap 'Perang' di Pilgub Jabar

Sabtu, 5 Agustus 2023 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (kiri) saat meresmikan lapangan Soccer Training Sabilulungan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (22/07/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (kiri) saat meresmikan lapangan Soccer Training Sabilulungan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (22/07/20).

INDOSPORT.COM - Mantan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan berbagi cerita soal kesehariannya pasca lengser dari federasi. Kini, dia tak lagi mengurus sepak bola. 

Secara gamblang, Iwan Bule (sapaan Iriawan) menyatakan siap maju apabila dicalonkan di pemilihan gubernur Jawa Barat 2024. Itu dikatakannya pada Jumat (04/08/23) petang di Tangerang, usai menonton laga Liga 1 2023 antara Dewa United vs Persis Solo. 

Seperti diketahui, Iwan Bule sudah tak mengurus sepak bola setelah dilakukan Kongres Luar Biasa PSSI pada Februari lalu. Kini, dia pun memilih bergabung dengan partai politik. 

Adapun Parpol yang menaungi Iwan Bule adalah Gerindra. Dia bahkan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. 

Alasan Iwan Bule terjun ke kancah politik adalah ingin berdedikasi kepada rakyat dan negara.

Karenanya, ketika disinggung apakah siap maju sebagai calon gubernur Jawa Barat saat Pemilu 2024, ia pun tak menampiknya. 

"Sekarang saya sudah di politik di Partai Gerindra. Kita doakan yang terbaik, yang penting tetap berjuang untuk rakyat Indonesia," ucapnya ketika disinggung kegiatan saat ini. 

"Insa Allah Jabar (satu) kalau didukung wartawan," tambah mantan Kapolda Metro Jaya itu. 

Iwan Bule adalah ketua umum PSSI pada periode 2019-2023. Tapi, dia tak bisa menyelesaikan masa kerjanya hingga akhir tahun ini, karena PSSI melakukan Kongres Luar Biasa untuk memilih Ketum yang baru.

KLB PSSI dilakukan pasca Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu yang menelan korban jiwa hingga 135 orang. 

Akibat kejadian tersebut, Iwan Bule didesak mundur dari kursi Ketum PSSI karena dinilai gagal merevolusi sepak bola Indonesia. 

Selama menjabat sebagai Ketum PSSI, Iwan Bule mendatangkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Satu-satunya prestasi PSSI pada masa jabatan Iwan Bule adalah juara Piala AFF U-16 2022. 

Meski tak lagi di sepak bola, pria 61 tahun itu tetap mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Dia meminta Shin Tae-yong untuk tetap melatih dan membawa skuad Garuda raih prestasi. 

Menurut, Iwan Bule, Shin Tae-yong sudah ada di hati penggemar sepak bola khususnya Timnas. Diharapkan eks pelatih Seongnam itu lebih lama melatih Timnas.  

"Pertama saya titip bilang, 'kamu harus tetap bisa memajukan sepak bola Indonesia', yang kedua, 'kamu harus cinta kepada Timnas kita dan titip sepak bola, dia tetap di Indonesia karena masih panjang perjuangan," kata Iwan Bule saat bertemu Shin Tae-yong, Jumat (04/08/23) sore di Indomilk Arena, Tangerang. 

 "Saya bilang, 'meskipun kamu warga negara Korea, tapi kamu sudah jadi bagian kita'. Hati penggemar sepak bola jatuh ke Shin Tae-yong jadi mereka harus totalitas," tuntasnya.