Timnas Indonesia

Ini Respon PSSI Usai FIFA Inspeksi JIS untuk Piala Dunia U-17 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 22:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
FIFA sudah melakukan pengecekan terhadap stadion yang diajukan oleh PSSI untuk venue Piala Dunia U-17 2023, salah satunya Jakarta International Stadium (JIS). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
FIFA sudah melakukan pengecekan terhadap stadion yang diajukan oleh PSSI untuk venue Piala Dunia U-17 2023, salah satunya Jakarta International Stadium (JIS).

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola dunia (FIFA) sudah melakukan pengecekan terhadap stadion-stadion yang diajukan oleh PSSI untuk venue Piala Dunia U-17 2023. Jakarta International Stadium (JIS) pun menjadi stadion pertama yang diinspeksi oleh FIFA.

FIFA melakukan inspeksi terhadap JIS pada Sabtu (29/03/23) dengan didampingi oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria.

Memang sebelum melakukan inspeksi langsung terhadap JIS, FIFA sebelumnya sudah mengirimkan surat terlebih dahulu kepada PSSI. Di mana dalam suratnya tersebut menyebutkan bahwa FIFA merekomendasikan untuk penggantian rumput pada JIS.

Bukan tanpa alasan, sebab Piala Dunia U-17 menggunakan format turnamen dan memiliki intensitas pertandingan yang tinggi sehingga FIFA merekomendasi untuk mengganti rumput JIS.

Sesuai dengan surat yang diberikan terlebih dahulu, dalam inspeksi kali ini, FIFA pun memang memiliki tiga fokus dalam inspeksi kali ini. Hal ini diutarakan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, ratu Trisha Destria.

"Pertama, kesiapan venue, termasuk main venue dan lapangan-lapangan latihan," ujar Tisha.

Tisha menyampaikan FIFA juga akan memgecek kualitas venue yang berada pada pitch management atau lapangan dengan lebih spesifik soal jenis dan kondisi rumput.

Poin ketiga yang menjadi perhatian FIFA terkait dengan team services, termasuk akomodasi untuk para peserta. Dalam suratnya FIFA merekomendasikan rumput JIS untuk diganti. 

Pertandingan dengan format turnamen yang memiliki intensitas tinggi membuat FIFA ingin memastikan penggantian rumput dengan sistem pemulihan yang cepat.

"Di surat juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan ini butuh waktu 8-10 pekan. Menurut saya, ini inisiatif yang sangat baik dari FIFA agar Indonesia bisa mempersiapkan JIS agar bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17,” jelas Tisha.

Seperti diketahui memang Indonesia bekerja dengan waktu untuk menyiapkan perhelatan Piala usia U-17 2023. 

Piala Dunia U-17 2023 memang dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang di Indonesia