Timnas Indonesia

Nabil Asyura 'Ketempelan' Dennis Wise di Seleksi Timnas Jelang Piala Dunia U-17

Sabtu, 29 Juli 2023 18:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura di Piala AFF U-16 2022. Kini ia mengikuti seleksi untuk Piala Dunia U-17 2023. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura di Piala AFF U-16 2022. Kini ia mengikuti seleksi untuk Piala Dunia U-17 2023.

INDOSPORT.COM - Nabil Asyura merasa seperti 'ketempelan' legenda Chelsea, Dennis Wise, saat mengikuti seleksi timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Diketahui, PSSI telah memanggil 34 pemain muda untuk seleksi tahap pertama timnas Indonesia U-17 di Jakarta, mulai tanggal 9 Juli kemarin.

Di antara 34 nama tersebut, ada lima pemain yang pernah menimba ilmu sepak bola di luar negeri lewat program Garuda Select 5, salah satunya yakni Nabil Asyura.

Ketika ada beberapa pemain yang harus dipulangkan usai gagal seleksi, namun sampai kini pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti masih pertahankan Nabil Asyura.

Wajar saja, karena potensi Nabil Asyura tidak main-main. Ia sudah pernah menjadi anak didik Bima Sakti di timnas Indonesia U-16 dan menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Selama membela Garuda Select 5, Nabil Asyura juga menjelma jadi predator haus gol, dan menyabet gelar top skorer dengan koleksi delapan gol di Inggris dan Italia.

Nabil Asyura pernah membobol gawang AC Monza hingga Como 1907 di Italia, bahkan ia juga mencatatkan namanya di papan skor saat membekuk QPR dan Arsenal di Inggris.

Kembali ke Tanah Air, Nabil Asyura juga menyadari bahwa rekan-rekannya sesama alumni Timnas Indonesia U-16 kini semakin membaik. Persaingan menuju Piala Dunia U-17 makin ketat.

"Persaingan kali ini sangat ketat. Para pemain lain sudah berkembang sangat baik dari sebelumnya. Beberapa pemain baru yang ada juga kualitasnya bagus," kata Nabil.

"Tapi saya lebih percaya diri karena enam bulan sudah berlatih di Eropa bersama Dennis Wise dan Des Walker," ungkap pemain asal Payakumbuh tersebut.