Timnas Indonesia

Profil dan Agama Aaron Liam Suitela, Diaspora yang Tersisa untuk Piala Dunia U-17

Rabu, 26 Juli 2023 17:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram @abroadnesia
Aaron Liam Suitela, pemain berdarah Indonesia-Turki yang lolos seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. (Foto: IG @abroadnesia). Copyright: © Instagram @abroadnesia
Aaron Liam Suitela, pemain berdarah Indonesia-Turki yang lolos seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. (Foto: IG @abroadnesia).

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Aaron Liam Suitela, satu-satunya pemain diaspora yang tersisa di skuat timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Aaron Liam Suitela merupakan pemain berdarah Indonesia-Turki. Ia lahir di Melbourne, 3 Juni 2007, dan bermain untuk klub kasta kedua Liga Australia, Bulleen Lions FC.

Sebagaimana diketahui, pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti memanggil enam pemain diaspora dan keturunan Indonesia di luar negeri, untuk seleksi di Jakarta.

Para pemain diaspora yang dipanggil adalah Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Welber Halim Jardim, Staffan Qabiel Horito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Namun belakangan, empat pemain diaspora dipulangkan oleh pelatih. Hanya Aaron Liam Suitela yang bertahan dalam seleksi Timnas U-17, dan Welber belum bergabung dalam seleksi.

Selain itu, ada juga tiga pemain lokal yang dicoret dari Timnas U-17, yaitu Muhammad Afazriel dari PSS Sleman, Dimas Arya dari Persipasi, dan Muhamad Gaoshirowi dari Persib Bandung.

Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mewakili Coach Bima Sakti yang sedang berkeliling Indonesia untuk melakukan seleksi pemain Timnas U-17.

"Ada tujuh nama yang dipulangkan Coach Bima. Empat diaspora yang dipulangkan," ungkap Indra Sjafri melalui Antara, Minggu (23/7/23) kemarin.

PSSI berjanji akan memanggil kembali pemain diaspora lainnya yang belum ikut seleksi Timnas Indonesia U-17, karena PSSI ingin mencari pemain terbaik untuk tampil di Piala Dunia U-17.

Lantas, apa yang membuat Aaron Liam Suitela begitu istimewa, sehingga ia masih dipertahankan dalam seleksi Timnas U-17? Berikut ulasan INDOSPORT selengkapnya.