Timnas Indonesia

Ocean Erwin Lim, Pemain Keturunan di Spanyol Masuk Seleksi Timnas untuk Piala Dunia U-17

Senin, 24 Juli 2023 17:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© FC Cardedeu
Ocean Erwin Lim, pemain diaspora Indonesia di Spanyol kini dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. (Foto: FC Cardedeu) Copyright: © FC Cardedeu
Ocean Erwin Lim, pemain diaspora Indonesia di Spanyol kini dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. (Foto: FC Cardedeu)

INDOSPORT.COM - Ocean Erwin Lim, pemain diaspora Indonesia di Spanyol kini dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Seiring dengan persiapan menuju Piala Dunia U-17, PSSI sebelumnya memanggil 34 pemain muda untuk seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-17, mulai 9 Juli kemarin.

Di antara 34 nama tersebut, ada enam pemain yang berkarier di luar negeri. Ada yang merupakan pemain keturunan, tetapi ada juga yang memiliki darah asli Indonesia.

Mereka adalah Mahesa Ekayanto, Madrid Augusta, Aaron Nathan Ang, Staffan Qabiel Horito, Aaron Liam Suitela, dan Welber Halim Jardim.

Namun seiring waktu, empat pemain muda diaspora Indonesia dicoret dari seleksi Timnas U-17, yakni Mahesa Ekayanto, Aaron Nathan, Madrid Augusta, dan Staffan Horito.

Hanya Aaron Liam Suitela dari Australia menjadi satu-satunya pemain diaspora yang bertahan, sementara Welber Halim Jardim belum bergabung ke Timnas U-17.

Selain itu, ada juga tiga pemain lokal yang dicoret dari Timnas U-18, yaitu Muhammad Afazriel dari PSS Sleman, Dimas Arya dari Persipasi, dan Muhamad Gaoshirowi dari Persib Bandung.

Meski ada banyak pemain diaspora yang dipulangkan, tetapi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjanji akan memanggil kembali pemain diaspora tambahan.

"Diaspora dari enam pemain terseleksi dua. Nanti biar Coach (Bima) yang tentukan. Lalu kami panggil enam lagi pemain diaspora," kata Erick Thohir di Solo, Minggu (23/07/23).

Meski tidak menyebutkan siapa saja enam pemain diaspora yang dipanggil, tetapi berdasarkan pantauan di media sosial, salah satunya adalah Ocean Erwin Lim.