Bola Internasional

PSSI Sebut FIFA Sarankan Rumput JIS Diganti

Rabu, 26 Juli 2023 10:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Tribune penonton dari Jakarta International Stadium (JIS) berkapasitas 82.000 penonton. Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Tribune penonton dari Jakarta International Stadium (JIS) berkapasitas 82.000 penonton.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan sudah berkoordinasi dengan FIFA terkait kondisi terkini Jakarta International Stadium (JIS) yang akan dipakai di Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia. 

Dalam rekomendasi FIFA, disebutkan bahwa rumput di JIS harus diganti, disertai dengan program pemeliharaannya sebelum dapat digunakan sebagai salah satu venue di Piala Dunia U-17.

Hal tersebut dibuktikan dengan surat resmi FIFA ke PSSI yang kemudian ditunjukan ke media saat sesi preskon, Selasa (25/07/23) petang di Menara Danareksa, Jakarta. 

Rekomendasi FIFA tersebut disampaikan melalui sebuah surat yang ditandatangani FIFA Senior Pitch Manager Alan Ferguson.

PSSI memang mengajukan JIS sebagai salah satu stadion untuk Piala Dunia U-17, menggantikan Gelora Bung Karno (GBK). 

"Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannya," buka Erick Thohir. 

"Terkait hal tersebut, kami akan follow-up, termasuk menerima kunjungan FIFA pada 28 Agustus nanti yang juga akan mengecek stadion-stadion yang kita usulkan untuk FIFA U-17," imbuhnya. 

Mengacu pada hasil penilaian awal manajemen lapangan, FIFA mencatat bahwa permukaan lapangan JIS saat ini menggunakan sistem tipe karpet dengan pengisi 60 mm di bagian atas. Bagian tersebut biasanya terbuat dari bahan jenis organik.

Dikatakan FIFA, jika sistem ini tetap dipertahankan maka akan menyulitkan pertumbuhan rumput. Akar rumput sulit mencapai bagian alas karpet karena terhalang jarak 5 cm, antara zona akar atas dan zona akar bawah. 

Lapangan dengan jenis karpet seperti ini juga akan mempersulit proses perawatan dengan mekanisme tertentu.