Liga 1

Bojan Hodak Benahi Penyelesaian Akhir Persib Sebelum Hadapi Persis

Senin, 7 Agustus 2023 16:39 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib, David da Silva dijaga ketat dua pemain Bali United, Elias Dolah dan Jajang Mulyana pada laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 di stadion GBLA, Kamis (03/08/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib, David da Silva dijaga ketat dua pemain Bali United, Elias Dolah dan Jajang Mulyana pada laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 di stadion GBLA, Kamis (03/08/23).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung fokus mempersiapkan diri salah satunya dengan membenahi penyelesaian akhir, sebelum menghadapi Persis Solo, pada pekan ketujuh Liga 1 2023-2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (08/08/23).

Menurut pelatih anyar Persib Bandung, Bojan Hodak, penyelesaian akhir menjadi salah satu kekurangan yang menjadi perhatiannya. Pasalnya, pada laga sebelumnya banyak peluang yang gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Pada pertandingan pekan keenam Liga 1 2023-2024 menghadapi Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (03/08/23), Persib memiliki banyak peluang.

Namun, peluang tersebut tidak dapat dimaksimalkan menjadi gol, sehingga Persib harus puasa berbagi poin dengan Bali United setelah skor berakhir imbang tanpa gol.

"Jika melihat laga sebelumnya kami memiliki 3-4 peluang tapi tidak bisa menjadi gol," kata pelatih yang masuk menggantikan Luis Milla ini.

"Kadang ini bukan hanya karena kurangnya komunikasi, tapi karena penjaga gawang lawan juga melakukan penyelamatan yang fantastis. Jadi yang harus kami lakukan adalah untuk lebih fokus, lebih tajam dalam finishing," ucapnya.

Sebelumnya, lini pertahanan Persib menjadi salah satu yang menjadi sorotan, pasalnya dalam lima pertandingan tim kebanggaan Bobotoh kemasukan 11 gol.

Namun, masalah lini pertahanan sudah mulai membaik, hal itu bisa terlihat pada pertandingan menghadapi Bali United, dalam laga tersebut skuad Maung Bandung berhasil melakukan clean sheet.

Sehingga, setelah lini pertahanan Persib mulai membaik, Bojan Hodak saat ini berusaha untuk mempertajam lini depan pasukannya. Agar, pada laga selanjutnya di Liga 1 2023-2024 bisa memaksimalkan peluang menjadi gol.

"Sebelumnya kami fokus bertahan dan bisa dilihat pertahanan kami bekerja dengan baik. Sekarang, kami akan melatih finishing dan kami akan coba memperbaikinya," tegasnya.

Sementara itu, rombongan tim Persib sudah berangkat ke Solo pada Senin (07/08/23), untuk persiapan menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, Selasa (08/08/23). 

Pada pertandingan tersebut, Persib dipastikan tidak akan diperkuat oleh salah satu pemain andalannya Alberto Rodriguez Martin. 

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut, harus absen pada pertandingan menghadapi Persis Solo, pasalnya mendapat hukuman larangan bermain, karena akumulasi kartu kuning.

Meski demikian, Bojan Hodak sudah mengantisipasi untuk mengisi bek tengah. Pasalnya, ada beberapa nama lainnya yang bisa bermain di posisi tersebut.

Pemain yang biasa dipasang sebagai bek tengah di antaranya, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo. Sehingga, masih ada alternatif untuk mengisi posisi tersebut.

Selain itu, Persib juga akan diperkuat oleh pemain anyarnya Levy Clement Madinda pada pertandingan menghadapi Persis, sebelumnya gelandang asal Gabon itu menjalani debutnya melawan Bali United.

Pada pertandingan menghadapi Bali United, Madinda masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua menggantikan Ezra Walian memasuki menit 67.

Pemain yang didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pemain pinjaman ini, berpeluang untuk tampil sebagai starter pada pertandingan menghadapi Persis Solo.