Liga 1

Geser Seniornya di Dewa United, Begini Ungkapan Hati Bek Jebolan Persib

Sabtu, 5 Agustus 2023 21:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Bek kanan Dewa United, Henhen Herdiana. (Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Bek kanan Dewa United, Henhen Herdiana. (Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Bek kanan Dewa United, Henhen Herdiana dipercaya tampil 90 menit saat lawan Persis Solo di pekan keenam Liga 1 2023/24, Jumat (04/08/23) kemarin. Itu kali pertama dia tampil sebagai starter. 

Sebelumnya, Henhen hanya bermain sebagai pemain pengganti pada pekan ketiga lawan Persik Kediri. Itu pun hanya tujuh menit berada di lapangan.

Namun, pada pekan keenam, pelatih Dewa United, Jan Olde menurunkan Henhen sejak menit awal. Dia menggeser seniornya, Ady Setiawan yang selalu jadi andalan di lima pertandingan awal Liga 1 2023. 

Mulai mendapat kepercayaan, Henhen mengaku sangat senang. Dia bertekad untuk terus kerja keras, supaya bisa terus jadi pilihan pertama.  

"Pertama bersyukur ke Allah masih diberi kesehatan dan tentunya sangat senang (main 90 menit)," bukanya. 

Bagi pemain 27 tahun itu, tak mudah mendapat kesempatan main sebagai starter. Apalagi, ini musim pertamanya bermain di luar Bandung karena selama ini dia habiskan karir bersama Persib Bandung.

"Saya di sini profesional, jalani proses ini tak mudah setelah sekian lama main di rumah, di Bandung. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi dan bisa berikan yang terbaik buat Dewa United," ujar Henhen. 

Sayangnya, Henhen gagal bantu Dewa United meraih tiga poin saat jamu Persis. Kedua tim bermain imbang 0-0, meski sejumlah peluang tercipta. 

Henhen didatangkan Dewa United pada musim ini dengan status pinjaman. Dia harus tersingkir dari skuad Maung Bandung, mengingat ketatnya persaingan. 

Kebetulan Dewa United butuh bek kanan setelah kepergian Jajang Sukmara dan Dias Angga. Jadi, Henhen jadi pilihan pelatih Jan Olde. 

Rupanya, Henhen juga diincar Dewa United sejak musim lalu. Namun, kedua belah pihak baru bisa kerja sama tahun ini.

"Tim pelatih memang membutuhkan tambahan pemain di posisi bek kanan. Kami pun sebenarnya sudah berkomunikasi dengan Henhen sejak musim lalu dan tahu Henhen masih memiliki kontrak bersama Persib," kata CEO Dewa United FC, Ardian Satya Negara.

Henhen Herdiana merupakan pemain kelahiran Bandung, 10 September 1995. Dia awali karir dari skuad muda Persib Bandung dan tembus skuad senior Maung Bandung pada tahun 2016.

Musim lalu, Henhen bermain sebanyak 20 laga selama 1.449 menit. Selama tujuh musim bersama Persib, ia tampil sebanyak 89 laga selama 6.740 menit dan berhasil mencetak satu gol.