Timnas Indonesia

Agenda Padat Merayap Bikin Shin Tae-yong Keteteran Urus Timnas U-23 dan Senior?

Sabtu, 5 Agustus 2023 15:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, angkat bicara soal jadwal padat yang akan dihadapi timnas U-23 dan senior pada akhir tahun ini. Total ada empat agenda internasional berdekatan. 

Timnas U-23 dijadwalkan mengikuti Piala AFF U-23 2023 di Kamboja pada 17-26 Agustus mendatang. Setelahnya, ada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 4-12 September nanti di Stadion Manahan, Solo. 

Untuk timnas senior, Shin Tae-yong akan memimpin di FIFA matchday 4-12 September. Lalu berikutnya, skuat Garuda harus bertarung di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Oktober. 

Dengan semua jadwal tersebut sangat padat, Shin Tae-yong tak menampik dirinya pasti kelelahan. Namun, juru taktik berusia 52 tahun itu tak menyerah. 

Shin Tae-yong berjanji menyiapkan semuanya secara maksimal, baik timnas Indonesia U-23 maupun senior. Targetnya adalah membawa tim Merah Putih berprestasi setinggi mungkin di kancah internasional.  

"Memang dalam periode FIFA matchday, harus melakukan pertandingan. Mau tidak mau harus diadakan pertandingan dan saya pastinya capek, tapi ya tetap akan menjalani dengan baik," ujarnya. 

Dalam rangka mempersiapkan tim, pelatih asal Korea Selatan itu pun mulai menyambangi stadion dan menonton langsung pertandingan Liga 1 2023/24. Shin Tae-yong mau mencari pemain idaman.

Shin Tae-yong berharap ada pemain baru yang menonjol, baik dari timnas Indonesia U-23 maupun senior. Tapi, sejauh ini dia belum menemukannya.

"Memang saya lagi mencari pemain baru, tapi sampai saat ini belum ada yang menonjol. Toh lama-lama pasti akan ada," kata STY usai menonton laga Dewa United vs Persis Solo di Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (4/8/23).