Liga 1

Fokus Ambil Poin, Arema FC Tak Mau Terjebak Timpangnya Kekuatan PSIS

Selasa, 8 Agustus 2023 22:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain Arema, Gustavo di pertandingan antara Persis Solo vs Arema FC pada laga Liga 1, Minggu (30/07/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain Arema, Gustavo di pertandingan antara Persis Solo vs Arema FC pada laga Liga 1, Minggu (30/07/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Arema FC tak mau terjebak dalam situasi sulit yang saat ini juga menerpa PSIS Semarang, jelang pertemuan di Stadion Jatidiri Rabu (9/8/23) pekan ke-7 Liga 1.

Pada pekan ke-7 Liga 1, tim berjulukan Mahesa Jenar memang masih timpang dari segi kekuatan. Setidaknya, masih ada 4 pemain penting yang harus absen.

Hanya Taisei Marukawa saja yang diprediksi tampil. Sedangkan Carlos Fortes, Vitinho, Wawan Febrianto dan Fredyan Wahyu masih absen karena beberapa alasan.

Arema FC sendiri memilih untuk fokus pada bagaimana caranya mengambil poin. Mereka tetap menilai PSIS Semarang akan tampil dengan kekuatan terbaiknya.

"PSIS ini tim yang bagus. Pergerakan pemain hingga kerja sama timnya bagus," bilang Pelatih Arema FC, Joko Susilo saat pre-match press conferrence Selasa (8/8/23).

"Sedangkan tim kami secara team work juga masih naik turun, belum stabil. Kami harus tetap waspadai pemain PSIS," sambung dia.

Terbukti, anak asuh Gilbert Agus tampil sangat menyulitkan meski dikalahkan 0-1 Madura United (5/8/23). Ketika itu, 5 pemain tersebut absen di lapangan.

"Kami sudah melihat beberapa pertandingan mereka, termasuk lawan Madura United. Intinya, PSIS ini tim yang kekuatannya bagus," jelas dia.

Arema FC memang tengah menyandang beban tinggi, akibat belum meraih satu pun kemenangan di Liga 1. Posisi mereka juga berada di dasar klasemen.

Dua poin hasil 2 kali imbang, membuat posisi Arema FC terlempar ke zona degradasi. Sedangkan PSIS berada di urutan 11 dengan mengumpulkan 8 poin.

Jadwal Padat

Tak hanya dipusingkan dengan beban tinggi untuk meraih kemenangan, tekanan lain juga hadir akibat jadwal padat yang kini menerpa Liga 1 2023/2024.

Arema FC sudah harus kembali bersiap selama 3 hari melawan PSIS Semarang Rabu (9/8/23), setelah dikalahkan Barito Putera 0-4 di Bali Sabtu (5/8/23) lalu.

"Satu hari kami recovery, satu hari lagi untuk perjalanan. Jadi, kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan," beber Pelatih Arema FC, Joko Susilo.

"Hari ini kami baru latihan dan mencoba lapangan (sesi official training di Stadion Jatidiri). Jadi taktikal baru kami susun (Rabu) besok," imbuh dia.

Kendati demikian, dia melihat anak asuhnya tetap mengusung motivasi tinggi untuk menang. Karena itulah tujuan terdekat Arema FC sebenarnya.

Joko Susilo bahkan menyebut Greg Nwokolo dkk melakukan pertemuan sendiri antar pemain sebagai evaluasi atas rangkaian hasil buruk tim.

"Pemain ada inisiatif berkumpul sendiri, kemudian berkumpul dengan tim pelatih. Ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja tim," ungkap Joko Susilo.

"Kami pun bersyukur, karena pemain masih menunjukkan motivasinya. Kami optimis meraih hasil bagus pada pertandingan lawan PSIS,' tuntas dia.