In-depth

Daftar Klub Seumur Jagung yang Bakal Main di Liga 2 Musim Depan

Jumat, 11 Agustus 2023 11:50 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Dok. Karo United
Karo United merayakan keberhasilan mereka menjadi kampiun Liga 3 Nasional 2021-2022 Copyright: © Dok. Karo United
Karo United merayakan keberhasilan mereka menjadi kampiun Liga 3 Nasional 2021-2022

INDOSPORT.COM – Deretan klub ajaib yang masih berusia muda berikut bakal ramaikan gelaran kompetisi Liga 2 musim depan. Siapa sajakah mereka?

Setelah musim 22/23 yang berhenti ditengah jalan, kini gelaran Liga 2 musim depan bakal segera bergulir pada tanggal 8 September 2023 mendatang.

Pada edisi kali ini, sebanyak 28 tim akan bersaing untuk mendapatkan tiga jatah tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Di Liga 2 musim 23/24 pula, terdapat beberapa klub debutan yang akan menjalani turnamen perdana mereka di kasta kedua Liga Indonesia.

Selain itu, ada pula sejumlah klub ‘bayi’ yang baru terbentuk beberapa tahun silam dan akan jadi pesaing di Liga 2.

Salah satunya adalah Bekasi City. Tim yang bermarkas di stadion Patriot Candrabhaga tersebut baru terbentuk pada tahun 2022 silam dengan nama Bekasi City.

Sebelumnya, Bekasi City adalah tim yang sering bergonta-ganti nama lantaran sering bergantinya owner klub.

Pada awal berdirinya di tahun 2014 lalu, Bekasi City memiliki nama Putra Ijen Football Club. Kemudian berganti menjadi Putra Sinar Giri tahun 2018.

Dua tahun berselang berganti lagi menjadi PSG Pati. Kemudian pada tahun 2021 berubah menjadi AHHA PS Pati. Terakhir pada tahun 2022, berubah lagi menjadi Bekasi City sampai sekarang.

Selain Bekasi City, masih ada beberapa klub lain yang baru terbentuk (baik dari hasil merger atau berdiri sendiri) dan akan bersaing di Liga 2 musim 23/24.

Lantas siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum:

Malut United (2016)
Klub pertama adalah Malut United. Tim asal Maluku Utara ini juga alami perubahan cukup banyak sejak pertama kali berdiri tahun 2016 silam.

Pada awal dibentuknya, Malut United memiliki nama Putra Jombang yang kemudian berubah menjadi Putra Delta Sidoarjo tahun 2021.

Setelah jadi runner up Liga 3 21/22, Putra Delta Sidoarjo kembali berganti nama menjadi Malut United dan akan jalani debut di Liga 2 dengan nama tersebut musim depan.

Nusantara United (2021)
Berikutnya adalah Nusantara United. Tim asal Ibu Kota Nusantara ini bisa dibilang sebagai klub paling muda untuk gelaran Liga 2 musim 23/24.

Sama seperti klub sebelumnya, Nusantara United juga muncul dari hasil merger dengan klub lain yakni Mataram Utama.

Mataram Utama sendiri adalah klub asal Yogyakarta yang terbentuk pada tahun 2021 lalu. Kemudian setelah berhasil promosi ke Liga 2, klub ini diakusisi dan berubah menjadi Nusantara United pada Mei 2022.

Persipal Palu (2022)
Dalam sejarah terbentuknya, Persipal Palu punya cerita yang sangat panjang bahkan klub ini sudah eksis sejak tahun 1970.

Akan tetapi untuk berdiri dengan nama Persipa Palu, skuat berjuluk Laskar Tadulako tersebut baru terbentuk tahun 2022 lalu.

Sebelum resmi jadi Persipa Palu, tim ini sering berganti-ganti nama dan kepemilikan mulai dari Muba Babel United FC, Babel United FC, PS Timah Babel hingga PS Bangka yang merupakan tim kebanggan Bangka Belitung yang sudah aktif di Liga Indonesia sejak tahun 1970.

Sada Sumut (2019)
Terakhir adalah Sada Sumut. Tim asal Sumatera Utara ini baru terbentuk tahun 2019 lalu dengan nama awal Karo United.

Seiring berjalannya waktu, penampilan Karo United di kompetisi regional Sumatera Utara terus alami perkembangan.

Puncaknya, pada musim 2021/22 lalu, Karo United berhasil menjadi juara Liga 3 dengan mengalahkan Putra Delta Sidoarjo (kini Malut United) lewat babak adu penalti.

Setelah memastikan diri promosi ke Liga 2, nama Karo United berubah menjadi Sada Sumut atas keinginan para founder klub.

Menurut pendiri klub, perubahan nama Karo United menjadi Sada Sumut agar klub tersebut bisa jadi kebanggaan yang mewakili seluruh wilayah Sumatera Utara.