Liga 1

Persis Solo Siapkan Tiga Opsi Pengganti Ramadhan Sananta yang Gabung Timnas U-23

Jumat, 11 Agustus 2023 18:28 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persis Solo, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persis Solo, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, tak khawatir menghadapi Persik Kediri tanpa Ramadhan Sananta. Ada tiga opsi pengganti Sananta menatap laga pekan kedelapan Liga 1 2023-2024 di Stadion Brawijaya, Sabtu (12/8/23) malam.

Persis Solo menjadi tim yang secara suka rela melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-23. Sananta berangkat ke Jakarta bersama Irfan Jauhari.

Langkah yang dilakukan Persis Solo sejatinya cukup berat. Sananta sedang moncer di Liga 1 dan dibutuhkan untuk mencuri kemenangan di markas Persik.

Namun, tiga opsi pengganti sudah disiapkan. Leonardo Medina mengatakan ketiadaan Sananta tak mengubah target Persis Solo untuk mencuri tiga poin.

"Ya benar, Sananta tidak bisa main karena dia pergi ke Timnas, tapi kita punya pemain lain yang juga bagus," kata Leonardo Medina, Jumat (11/08/23).

Arapenta Poerba menjadi opsi pertama. Sosok eks Bali United itu disiapkan sebagai opsi untuk dipasang di belakang penyerang.

Itu artinya, jika Arapenta bermain sebagai gelandang serang, Leo Medina akan menduetkan David Gonzalez dan Fernando Rodriguez.

Selain Arapenta, Leo Medina turut menyebut nama Arkhan Kaka Putra Purwanto. Bomber berusia 16 tahun ini ditarik dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 untuk dibawa ke Kediri.

"Kita punya Penta, Arkhan dan pemain lain di posisi ini, termasuk Althaf (Indie). Dia sekarang bermain bagus sekali. Jadi, ini tidak masalah," tutur Leo Medina.

Pelatih asal Meksiko ini mengungkapkan, Persis Solo sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan opsi andai Ramadhan Sananta dipanggil ke Timnas Indonesia.

Itulah mengapa Persis Solo memutuskan merekrut dua penyerang asing, meski sudah punya Sananta. Persis Solo sudah tahu jika sewaktu-waktu Sananta bisa dipanggil ke timnas.

"Kita tahu Sananta pemain yang bagus, tapi kita sudah mempersiapkan tim untuk semua situasi," tegas Leo Medina.

Leo Medina pun memastikan masa persiapan menuju Kediri berjalan bagus. Laskar Sambernyawa sudah melupakan kemenangan penting atas Persib Bandung 2-1.

"Kita bekerja keras di recovery, karena kita punya dua pertandingan di pekan ini. Itulah mengapa kita kerja keras di recovery," paparnya.

"Tapi kita juga bekerja keras di pertahanan, tentang bagaimana organisasi pertahanan. Kita perlu melakukan itu karena kita akan menghadapi tim yang bermain dengan bagus. Persik bermain bagus sekali," sambungnya.

Sementara itu, kapten tim Persis Solo, Eky Taufik, menegaskan kesiapan timnya memburu kemenangan di kandang tim Macan Putih.

Melakoni dua pertandingan dalam waktu berdekatan jelas bukan pekerjaan mudah. Namun, tim kepelatihan sudah bekerja bagus untuk mengembalikan kebugaran pemain.

"Tujuan kita dari Solo ke sini (Kediri) untuk memenangkan pertandingan, ambil tiga poin, bukan cuma seri," tegas Eky Taufik.

"Kita sudah melakukan persiapan dengan baik. Kita ikuti instruksi pelatih, fokus, konsentrasi, karena pertandingan melawan Persik akan sulit. Kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan," lanjutnya.

Persis Solo membutuhkan tiga poin untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara Liga 1 2023-2024. Persis Solo kini ada di posisi ke-11 dengan mengoleksi 9 poin.