Liga 1

3 Pemain Persib Bandung Terancam Sanksi Berlapis usai Berulah di Markas Persis Solo

Rabu, 9 Agustus 2023 20:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek sayap Persib, Edo Ferbiansyah mendapat kartu kuning dari wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persis Solo di stadion Manahan, Selasa (08/08/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek sayap Persib, Edo Ferbiansyah mendapat kartu kuning dari wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persis Solo di stadion Manahan, Selasa (08/08/23).

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Persib Bandung bikin ulah kontroversial di markas Persis Solo, hingga terancam sanksi berat di laga lanjutan pekan ke-7 Liga 1 2023/2024.

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Persis Solo dalam pertemuan putaran awal Liga 1 2023/2024, di Stadion Manahan Solo, Selasa (8/8/23) malam dengan skor 1-2. 

Ciro Alves berhasil membawa Persib Bandung unggul lebih dulu dengan teknik Trivela yang tak bisa diantisipasi kiper Persis Solo

Namun satu menit kemudian, Ramadhan Sananta sukses samakan kedudukan. Memanfaatkan umpan Alexis Messidoro, ia sundul bola ke gawang Maung Bandung.

Ramadhan Sananta kembali mencetak gol di menit ke-44, masih dengan assist Alexis Messidoro. Kolaborasi keduanya membawa Persis Solo unggul 2-1 atas Persib Bandung.

Tak ada perubahan di babak kedua, pertandingan malah semakin barbar hingga Persib Bandung diganjar enam kartu kuning oleh wasit Muhammad Erfan Efendi.

Dua dari kartu kuning itu ditujukan kepada I Putu Gede Juni Antara, sehingga dihitung sebagai kartu merah dan ia harus diusir keluar lapangan pada menit ke-90.

Tak sampai di sana, Persib Bandung makin porak-poranda saat mengetahui adanya oknum suporter tim asal Jawa Barat itu yang menyusup ke markas Persis Solo.

Oknum suporter itu mengenakan atribut Persib dan membuat keributan di tribun penonton. Alhasil, Maung Bandung akan dikenakan sanksi denda oleh PSSI.

Kadung kecewa dengan hasil akhir laga dan oknum suporter yang menyusup, penggawa Persib melampiaskannya dengan gestur yang tidak menyenangkan.

Bek andalan Persib Bandung, I Putu Gede Juni Antara nampaknya akan mendapat sanksi berlapis, lantaran membuat gestur tidak senonoh di laga kontra Persis Solo.

Tidak hanya mengantongi kartu merah dan keluar lebih cepat dari lapangan hijau, Putu Gede juga tertangkap kamera acungkan jari tengah kepada penonton di tribun.

Nampaknya, Putu Gede akan diberi sanksi larangan bermain karena kartu merah, dan berpotensi mendapat tambahan larangan bermain karena acungkan jari tengah. 

Sanksi tersebut juga bisa berupa denda jutaan rupiah, seperti yang selama ini telah diterapkan Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Sama seperti Putu Gede, Ciro Alves juga melakukan tindakan tak senonoh saat ia mengacungkan jari tengah ke arah tribun. Pemain asal Brasil itu juga terancam denda.

Sementara hal yang lebih fatal dilakukan oleh Marc Klok. Ia tertangkap kamera saat melemparkan botol berisi air minum ke arah tribun, bahkan mengenai seorang steward.

Marc Klok berpotensi mendapatkan sanksi berat, mulai dari larangan bermain hingga denda puluhan juta rupiah.

Bahkan jika berkaca pada beberapa tahun lalu, PSSI pernah memberi rekomendasi agar klub tidak mengontrak pemain yang punya riwayat bad attitude. Dengan kata lain, sang pemain di-blacklist secara halus.

Sanksi juga bisa berupa pengurangan poin. Hal ini akan sangat merugikan klub Persib Bandung yang saat ini masih terbenam di zona degradasi klasemen sementara Liga 1.