Liga 1

Nama Marc Klok Muncul di DSP Walau Kena Sanksi, Bos Persib Beri Penjelasan

Minggu, 13 Agustus 2023 15:01 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Hukuman bagi gelandang Persib Bandung, Marc Klok dihapus setelah proses banding yang diajukan oleh manajemen skuad Maung Bandung diterima. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Hukuman bagi gelandang Persib Bandung, Marc Klok dihapus setelah proses banding yang diajukan oleh manajemen skuad Maung Bandung diterima.

INDOSPORT.COM - Hukuman bagi gelandang Persib Bandung di Liga 1, Marc Klok dihapus setelah proses banding yang diajukan oleh manajemen skuad Maung Bandung diterima.

Sehingga, Marc Klok masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) Persib dalam pertandingan pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Barito Putera di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (13/08/23) sore ini.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen Persib sebelumnya mengajukan banding terkait hukuman bagi tiga pemain Persib. 

Pasalnya, dalam putusan dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Persib bisa mengajukan banding terkait hukuman yang diberi kepada tiga pemainnya.

Sebagai informasi, Tiga pemain Persib Bandung, yakni I Putu Gede, Marc Klok dan Ciro Alves mendapatkan sanksi larangan bertanding dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI. 

Sanksi terhadap ketiga pemain Persib tersebut, diberikan berdasarkan hasil Sidang Komdis PSSI yang digelar pada Jumat (11/08/23).

Ketiga pemain Persib tersebut mendapat sanksi atas pelanggaran Kode Disiplin PSSI Tahun 2023 yang dilakukannya pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Persis Solo.

Dalam salinan putusan Komdis PSSI yang diterima Persib, I Putu Gede yang mendapatkan kartu merah karena akumulasi dua kartu kuning pada pertandingan kontra Persis di Stadion Manahan, Solo, Selasa (08/08/23), mendapatkan hukum tambahan.

I Putu Gede, mendapatkan hukuman tambahan larangan bermain sebanyak 4 pertandingan, selain itu dia juga mendapatkan denda sebesar Rp75 juta.

Kemudian Marc Klok, mendapat hukuman larangan bermain dalam dua pertandingan dan dengan denda sebesar Rp75 juta, karena dinilai telah melakukan provokasi terhadap penonton.

Hanya Banding Marc Klok yang Diterima

Sama seperti Marc Klok, Ciro Alves dinilai telah melakukan provokasi terhadap penonton sehingga mendapat hukuman larangan bermain dalam dua pertandingan dan dengan denda sebesar Rp75 juta.

"Proses banding diterima, karena dalam SK Komdis diperbolehkan untuk banding, dan kita melakukan proses banding untuk tiga pemain tersebut," kata Teddy Tjahjono di Stadion GBLA, Minggu (13/08/23).

Teddy menuturkan, ada beberapa pertimbangan yang membuat Bandung Persib khusus Marc Klok diterima. Sehingga, hukuman bagi pemain yang sering memperkuat Timnas Indonesia tersebut akhirnya dihapus.

Sedangkan untuk banding dua pemain Persib lainnya, yakni untuk I Putu Gede dan Ciro Alves tidak diterima, sehingga keduanya tidak dapat bertanding.

"Karena kan ada bukti bukti video yang melatarbelakangi kejadian tersebut, ada reaksi karena aksi kan, atas pertimbangan tersebut, ada video," jelasnya.

"Dan proses banding sudah terbit di siang hari tadi. Dari tiga proses banding, satu diterima, dua tidak diterima," ungkapnya.

Manajemen Persib menurut Teddy, tidak mengetahui alasan tidak diterimanya banding Ciro Alves dan I Putu Gede. Sehingga, pihaknya tidak bisa memberikan informasi lebih jauh.

"Alasannya enggak tahu, karena tidak disebutkan juga dalam SK. Jadi saya tidak tahu pertimbangan," ujarnya.

Meski demikian, khusus untuk Marc Klok, Teddy memastikan pemain yang sempat memperkuat Persija Jakarta dan PSM Makassar itu hukumannya dihapus.

"Dihapuskan semua (untuk Klok). Kalau enggak salah dikabulkan semua. Iya, hanya satu kali (banding)," tegas bos Persib Bandung di Liga 1 itu.