Liga Indonesia

Wawancara Khusus: Tekad Jajang Sukmara Eks Persib Bawa PSIM Promosi ke Liga 1

Senin, 14 Agustus 2023 09:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/Indosport
Bek anyar PSIM Yogyakarta, Jajang Sukmara. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport
Bek anyar PSIM Yogyakarta, Jajang Sukmara.

INDOSPORT.COM - Mantan bek Persib Bandung, Jajang Sukmara, bergabung dengan PSIM Yogyakarta untuk mengarungi Liga 2 2023/24 yang bergulir mulai September mendatang.

Jasuk sapaan akrabnya merupakan pemain berpengalaman di sepak bola Indonesia, dia tercatat sempat memperkuat beberapa klub dan pernah berkostum timnas Indonesia.

Persib Bandung menjadi klub profesional pertama yang dibela Jasuk, dia bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh sejak 2011 hingga 2017. 

Selama memperkuat skuat Maung Bandung, pemain asal Soreang, Kabupaten Bandung ini turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015.

Setelah itu, pada 2017 Jasuk bergabung dengan PSMS Medan, kemudian 2018 bermain untuk Barito Putera dan 2019 memperkuat PSS Sleman.

Kemudian pemain kelahiran 18 November 1988 ini bergabung dengan PSCS Cilacap di musim 2020, dan pada 2021 bermain untuk Dewa United di Liga 2 2021-2022.

Jasuk pada musim 2021-2022 turut mengantarkan Dewa United promosi ke Liga 1, setelah itu di musim 2022-2023 dia kembali menjadi bagian dari skuad Dewa United. 

Setelah Liga 1 2022-2023 berakhir, kontrak pemain berusia 34 tahun ini tidak diperpanjang oleh Dewa United dan akhirnya bergabung dengan PSIM Yogyakarta untuk mengarungi Liga 2 2023-2024.

INDOSPORT berkesempatan mewawancarai Jajang Sukmara mengenai berbagai hal menjelang bergulirnya Liga 2 2023-2024.

Assalamualaikum, gimana kabarnya Jajang?

Walaikumsallam, Alhamdulillah baik.

Sekarang bergabung dengan PSIM, alasannya pilih PSIM untuk musim 2023-2024 apa?

PSIM tim memiliki target, terus punya basis suporter yang luar biasa, dan mungkin soal budaya juga gak jauh beda sama sunda beda-beda tipis.

Sebelum gabung PSIM ada tawaran dari mana saja?

Kalau tawaran ada beberapa klub, mungkin jodohnya di PSIM. Semuanya serius, cuma mungkin jodohnya musim ini di PSIM.

Kebanyakan klub mana?

Kebanyakan klub Liga 2 yang nawarin, kalau klub Liga 1 kemarin kebetulan gak ada.

Suporter PSIM yang loyal jadi motivasi gak buat Jajang di musim 2023-2024?

Pastinya, kehadiran suporter yang luar biasa pastinya jadi motivasi, dengan dukungan yang begitu fanatik dan begitu banyak, jadi memacu semangat kita buat pemain.

Target dari manajemen PSIM untuk musim ini seperti apa?

Manajemen menargetkan PSIM Yogyakarta lolos ke Liga 1, sebagai pemain kita berusaha keras memberikan yang terbaik dan meraih target yang diberikan manajemen yang penting kita ikhtiar berdoa dan bekerja keras.

Persiapan PSIM sejauh ini sudah seperti apa jelang kick-off Liga 2 2023/24?

Persiapan kita sudah hampir sebulan lebih ya, mungkin persiapan kita makin hari makin meningkat, makin Minggu makin meningkat dan makin bulan makin meningkat.

Optimistis pas Liga 2 dimulai sudah dalam kondisi terbaik?

Mudah-mudahan, karena kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

Melihat persaingan di Liga 2 musim ini dengan banyaknya eks Liga 1 dan pemain asing?

Persaingan bakal semakin ramai, kita juga bisa lihat kekuatan tim saat ini hampir merata. Jadi lebih seru dan akan lebih bergengsi, banyak pemain eks Liga 1 pemain asing juga, jadi menambah nilai jual Liga 2 juga.

Kembali satu tim dengan mantan pemain Persib khususnya dengan Hariono jadi reuni juga?

Mungkin jadi reunian juga, temu kangen dan mengulang memori kerjasama bareng waktu dulu. Sama Mas Har, baru balik lagi sekarang baru satu tim lagi, setelah 2017 terakhir satu tim.

Jadi mengulang memori sebelumnya dan mudah-mudahan memori indah sebelumnya (juara) bisa terulang lagi di sini.