Timnas Indonesia

PSSI Jelaskan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Dilarang Main di AFF U-23 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 03:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI.
Selebrasi gol Komang Teguh Trisnanda di laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023. Copyright: © PSSI.
Selebrasi gol Komang Teguh Trisnanda di laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Dua pemain Timnas Indonesia U-23,  Komang Teguh Trisnanda dan Titan Bagus Agung tidak bisa tampil di Piala AFF U-23 2023, meski sudah berada di Thailand.

Seperti diketahui, Komang Teguh dan Titan Agung masih terkena hukuman AFC yakni dilarang tampil enam pertandingan dan harus membayar denda Rp14 juta, pasca terlibat kericuhan di final SEA Games 2023.

Hukuman kedua pemain Timnas Indonesia U-23 tersebut diputuskan lewat rapat Komite Disiplin (Komdis) dan Etika AFC pada 11 Juli 2023 lalu.

Pada 12 Juli 2023, putusan itu sampai ke PSSI. Sehari berselang, PSSI lantas berkomunikasi dengan AFC lewat email, menanyakan kepastian jika sanksi tersebut hanya berlaku di laga uji coba. 

"AFC melalui surat tanggal 14 Juli, kita di sanksi saat friendly match saja pada kategori umur yang sama dengan SEA games (berdasarkan technical handbook SEA Games, yaitu 22 tahun ke bawah) tanpa menjelaskan detail mengenai friendly match," kata manajer Timnas U-23, Endri Erawan. 

Pada 2 Agustus, sebelum Timnas U-23 dikumpulkan, PSSI kembali berkomunikasi dengan AFC mengenai detail sanksi untuk Komang, Titan dan staf Timnas U-23.

PSSI bertanya, apakah Piala AFF U-23 termasuk kategori laga uji coba internasional atau bersifat turnamen internasional di luar agenda resmi AFC. 

Karena belum mendapat jawaban dari AFC, PSSI beranggapan jika sanksi Komang dan Titan hanya berlaku di laga uji coba dan turnamen internasional resmi AFC. Sehingga keduanya pun tetap didaftarkan ke Piala AFF U-23. 

PSSI baru mendapat surat dari AFC pada 15 Agustus yang isinya menyatakan AFF U-23 dihitung sebagai laga uji coba. 

"Setelah itu kita menanyakan lewat email pada tanggal 2 Agustus apakah AFF merupakan kategori friendly match atau bukan. Karena berdasarkan AFC disiplinary code ada perbedaan antara friendly international match dan international turnamen," ujar Endri Erawan.

"Dibalas AFC melalui surat pada tanggal 15 Agustus, isinya bahwa AFF termasuk kategori friendly match karena tidak diorganisasi oleh AFC, di mana saat surat ini diterima posisi tim sudah berada di Thailand," tambah tambahnya. 

Timnas U-23 tiba di Thailand pada Senin (14/08/23) dengan membawa 23 pemain, termasuk Komang Teguh dan Titan Agung. Sebelumnya mereka berlatih di Jakarta pada 11-13 Agustus di Jakarta.

Karena informasi terbaru didapat setelah Timnas U-23 di Thailand, maka dengan terpaksa Komang dan Titan dicoret. Jadi, hanya tersisa 21 pemain saat ini.

"Dengan ini, PSSI telah mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari final registrasi daftar pemain untuk Piala AFF U-23 2023. Kami juga akan kembalikan mereka ke klub masing-masing," ucap Endri yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan dua pemain tersebut, tim pelatih Timnas U-23 dilaporkan akan memanggil Marselino Ferdinan ke Piala AFF-23 2023.

Manajer Timnas U-23 lainnya, sekaligus Ketua Badan Tim Nasional (BTN),  Sumardji menyampaikan PSSI sedang melobi klub Marselino, KMSK Deinze.

Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B Piala AFF U-23 2023. Laga pertama menghadapi Malaysia di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Jumat (18/08/23) malam WIB harus berakhir dengan kekalahan 1-2.