Liga 1

Mental Pemain Jadi Alasan Bhayangkara FC Masih Terpuruk di Zona Degradasi

Minggu, 20 Agustus 2023 12:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Subhan Wirawan
© MO Bhayangkara FC
Pertandingan antara Bhayangkara FC vs Borneo FC pada pekan kesembilan laga Liga 1 di Stadion Patriot (Bekasi), Jumat (18/08/23). (Foto: MO Bhayangkara FC) Copyright: © MO Bhayangkara FC
Pertandingan antara Bhayangkara FC vs Borneo FC pada pekan kesembilan laga Liga 1 di Stadion Patriot (Bekasi), Jumat (18/08/23). (Foto: MO Bhayangkara FC)

INDOSPORT.COM – Pelatih Bhayangkara FC, Emral Abus, menegaskan bahwa tidak ada faktor eksternal yang menjadi penyebab merosotnya The Guardian selama Liga 1 2023-2024 bergulir.

Seperti diketahui, Bhayangkara FC memang saat ini masih tertahan di zona degradasi klasemen Liga 1 2023-2024 yakni menduduki peringkat ke-17 dengan torehan empat poin usai kalah dari PSS Sleman dengan skor 3-1.

Perolehan ini berbanding jauh dengan musim lalu yang mana Bhayangkara FC mampu menduduki peringkat ke-7 di Liga 1 2022-2023 dengan raihan poin 51 usai 15 kali menang, enam imbang, dan 13 kali kalah.

Selain itu, The Guardian juga dikenal sebagai juara 1 Liga musim 2017 dengan perolehan poin sebesar 68. Kendati begitu, wajar jika Bhara Mania (fans Bhayangkara FC) menantikan kembalinya prestasi gemilang mereka di Liga 1 2023-2024.

“Saya rasa tidak ada faktor eksternal yang mengganggu tim ini. Kemudian kalau faktor internal, hanya semangat juang saja,” ungkap Emral Abus saat sesi pre-match press conference kemarin, Kamis (17/08/23).

“Kalau semangat juang berlipat ganda InsyaAllah kalau saya lihat dari kemampuan anak-anak ya sudah cukup merata semua,” sambung Emral Abus.

Emral Abus juga menuturkan bahwa ia memberi petuah kepada para anak didiknya agar terus bekerja lebih giat lagi demi mengejar ketertinggalan Bhayangkara FC di Liga 1 2023-2024.

“Siapapun yang diturunkan juga bisa akan bermain sesuai dengan skema yang diharapkan. Balik lagi kalau kita mau menang harus kerja keras ya,” ujar Emral Abus.

“Effortnya harus lebih dari yang biasa-biasa agar kita bisa memenangkan pertandingan, kemudian dari kebersamaan insyaAllah tim ini akan terus bangkit,” kata Emral Abus.

Bhayangkara FC sendiri selanjutnya bakal menjamu Borneo FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, hari ini, Jumat (18/08/23) pukul 19.00 malam WIB.

Meski Borneo FC memiliki modal lebih baik untuk pertandingan besok, namun Emral Abus optimis bahwa Bhayangkara FC sudah siap mengubah nasib di klasemen Liga 1 2023-2024.

Pelatih berdarah Sumatera Barat itu juga menuturkan bahwa dirinya telah menanamkan semangat kepada skuad The Guardian agar tidak mudah putus asa dengan apapun yang dihasilkan.

“Kami selalu semangat memperbaiki tim dan evaluasi apa yang terjadi di pertandingan sebelumnya, kami lihat kelemahan dan kekuatannya, kemudian kami menganalisa tim lawan dimana kelebihan mereka, dan itu yang kami tuangkan ke game play,” jelas Emral Abus.

“Anak-anak juga sudah menjalankannya di beberapa sesi latihan dengan semangat. Semoga pertandingan melawan Borneo FC nanti bisa menjadi awal kebangkitan lagi bagi tim Bhayangkara FC dan bisa memenangkan tim pertandingan,” harap Emral Abus.