Liga 1

Persib Krisis Pemain, Bojan Hodak Sebut Laga Kontra PSIS Sangat Berat

Minggu, 20 Agustus 2023 10:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak dalam konfrensi pers usai pertandingan melawan Barito Putera. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak dalam konfrensi pers usai pertandingan melawan Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, menilai pertandingan tandang pekan kesembilan Liga 1 2023-2024 menghadapi PSIS Semarang, Minggu (20/08/23), akan menjadi laga yang berat.

Pasalnya, pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, skuad Maung Bandung krisis pemain, lantaran kehilangan beberapa pilar andalannya dengan alasan yang berbeda, mulia dari sanksi sampai cedera.

Pemain yang dipastikan absen pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang, di antaranya David da Silva yang selama ini menjadi andalan di lini depan Persib. Pemain asal Brasil ini, dikabarkan mengalami cedera di bagian lutut.

Kemudian Ciro Alves, pemain yang menggunakan nomor punggung 77 merupakan andalan di lini depan Persib bersama David da Silva, namun dia tidak dapat diturunkan pada laga pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024 karena mendapat sanksi larangan bertanding.

Selain itu, Dedi Kusnandar yang berposisi sebagai gelandang juga tidak dibawa ke Semarang, lantaran kapten tim Persib ini mengalami cedera hamstring. Begitupun dengan I Putu Gede, yang masih mendapatkan sanksi larangan bertanding.

"Dua pemain terkena larangan bermain (ciro Alves dan Putu Gede) yang mana itu menjadi masalah. Lalu ada beberapa pemain yang cedera, Dedi mengalami cedera, begitu pula David cedera," kata Bojan Hodak, Sabtu (19/08/23) malam.

"Jadi mereka tidak bermain besok. Ditambah ada dua pemain ke timnas yaitu Robi dan Beckham," ucapnya menambahkan.

Absennya beberapa pemain andalan Persib, diakui Bojan Hodak menjadi tantangan bagi skuad Maung Bandung untuk melakoni pertandingan tandang pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Persiapan kami seharusnya bisa lebih baik karena ada beberapa pemain terkena hukuman dan beberapa cedera. Jadi kami kehilangan sejumlah pemain dan ini tentunya akan menjadi laga yang berat," ungkapnya.

Meski demikian, Bojan Hodak memastikan Persib datang ke Semarang dalam kondisi siap untuk menghadapi PSIS, pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2023-2024.

Bojan Hodak juga optimis, pemain yang diturunkan pada pertandingan nanti bisa menjawab kepercayaan yang diberikan olehnya dengan menampilkan permainan terbaiknya. 

Pasalnya, pertandingan tersebut menjadi momen bagi pemain yang mendapat kesempatan bermain untuk menunjukkan kualitasnya, agar pada laga selanjutnya mereka bisa kembali menjadi pilihan utama di tim.

"Namun kami akan tetap bermain dan mempunyai peluang. Pemain yang biasanya tidak masuk ke dalam 11 pemain utama akan dapat kesempatan untuk tampil dan membuktikan bahwa mereka layak bermain serta pantas dimainkan lagi dalam laga berikutnya," tegas Bojan Hodak.

Sementara itu, Persib saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi, pasalnya hingga memasuki pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024 skuad Maung Bandung masih berada di peringkat 16 dengan mengumpulkan 8 poin.

Sehingga, pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang, skuad Maung Bandung akan mengincar kemenangan, untuk memperbaiki posisi di klasemen Liga 1 2023-2024.

Namun, tidak mudah bagi tim kebanggaan Bobotoh untuk mengamankan poin pada pertandingan tandang Liga 1 2023-2024, pasalnya Persib kehilangan beberapa pemain andalannya.

Kemudian, kondisi PSIS Semarang sedang meningkat usai meraih kemenangan pada pertandingan tandang pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pada pekan delapan, PSIS berhasil menaklukkan tuan rumah Dewa United dengan skor telak 4-1. Sehingga, motivasi dan kepercayaan diri mereka saat ini sedang meningkat.

Sedangkan Persib, berangkat ke semangat dengan modal yang kurang bagus, lantaran di pertandingan sebelumnya hanya mampu bermain imbang dengan Barito Putera di laga kandang.

Sehingga, Bojan Hodak harus bisa mengangkat motivasi dan mempersiapkan strategi yang tepat di tengah keterbatasan pemain, agar target meraih poin pada pertandingan tandang pekan kesembilan Liga 1 2023-2024 bisa tercapai.