Liga 1

Krisis Pemain Depan Persib Bandung Jelang Lawan PSIS Semarang di Liga 1

Sabtu, 19 Agustus 2023 15:07 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib, David da Silva dijaga ketat dua pemain Bali United, Elias Dolah dan Jajang Mulyana pada laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 di stadion GBLA, Kamis (03/08/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib, David da Silva dijaga ketat dua pemain Bali United, Elias Dolah dan Jajang Mulyana pada laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 di stadion GBLA, Kamis (03/08/23).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung mengalami krisis pemain depan jelang menghadapi PSIS Semarang pada pertandingan tandang kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23).

Pasalnya, striker andalan Persib, David da Silva dipastikan absen pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang, karena mengalami cedera dan saat ini sedang menjalani pemulihan.

Selain itu, Ciro Alves yang biasa duet dengan David da Silva di lini depan Persib masih belum bisa bermain, karena mendapat sanksi larangan bertanding dua laga di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Kondisi cedera jelang pertandingan menghadapi PSIS Semarang, dialami juga oleh Dedi Kusnandar. Sehingga, David da Silva dan Dedi bakal absen di pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024.

Menurut dokter tim Persib, Rafi Ghani, David da Silva dan Dedi Kusnandar absen pada pertandingan di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23), karena mengalami cedera dan masih membutuhkan waktu pemulihan.

Sehingga, kedua pemain tersebut tidak dibawa oleh pelatih Persib, Bojan Hodak, dalam rombongan tim ke Semarang. Skuad Maung Bandung sendiri, meninggalkan Kota Bandung, Sabtu siang (19/08/23).

"Untuk Dedi Kusnandar dan David da Silva memang tidak diikutsertakan ke Semarang karena masih dalam proses pemulihan," kata Rafi Ghani.

Lebih lanjut Rafi menuturkan, Dedi Kusnandar cedera di bagian hamstring, sedangkan David da Silva mengalami masalah di bagian lutut. Sehingga, setelah berdiskusi dengan tim pelatih, keduanya diputuskan untuk tidak dibawa ke Semarang.

"(Dado) Di bagian hamstring kaki kiri, untuk David ada di lututnya merasa tidak nyaman sedikit. Setelah berdiskusi dengan pelatih kepala, akhirnya membawa pemain yang benar-benar tidak ada keluhan sama sekali," ujarnya.

Terkait proses pemulihan, Rafi menilai kemungkinan besar tidak membutuhkan waktu lama. Sehingga, diharapkan saat tim kembali dari Semarang mereka bisa berlatih bersama untuk persiapan menghadapi laga selanjutnya.

"Mudah-mudahan setelah pulang dari Semarang buat Dedi Kusnandar dan David da Silva sudah bisa gabung latihan bersama," harapnya.

Selain dua pemain tersebut, Persib juga tidak membawa Teja Paku Alam ke Semarang. Menurut Rafi, keputusan terkait posisi penjaga gawang merupakan keputusan dari tim pelatih.

"Teja Paku Alam memang pilihan dari pada pelatih mungkin untuk rotasi penjaga gawang jadi tidak diikutsertakan," ucap Rafi.

Pada pertandingan menghadapi PSIS, Persib juga tidak membawa Zalnando, padahal pemain yang berposisi sebagai bek tersebut sebelumnya sudah disiapkan untuk dibawa ke Semarang.

Menurut Rafi, kondisi Zalnando kurang bugar, sehingga skuad Maung Bandung memutuskan untuk mengistirahatkan pemain yang sempat memperkuat Sriwijaya FC tersebut.

"Ya banyak atuh, Zalnando sakit, sebenarnya masuk ke dalam pemain yang dibawa pas tadi pagi langsung diperiksa sama saya dan ada panas badan, kondisi badannya tidak fit makanya tidak diikutsertakan," jelasnya.

Sementara itu, Beckham Putra Nugraha dan Robi Darwis, tidak akan memperkuat Persib di pertandingan pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSIS Semarang.

Pasalnya Beckham dan Robi Darwis saat ini sedang memperkuat Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, pada ajang Piala AFF U-23.