Liga 1

Hindari Sanksi, Manajemen Persib Bandung Larang Bobotoh ke Stadion Jatidiri dan Minta Doa Saja

Sabtu, 19 Agustus 2023 13:20 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajemen Persib Bandung, mengimbau Bobotoh untuk tidak datang ke Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23), pada laga tandang pekan kesembilan Liga 1. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajemen Persib Bandung, mengimbau Bobotoh untuk tidak datang ke Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23), pada laga tandang pekan kesembilan Liga 1.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, mengimbau Bobotoh untuk tidak datang ke Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23), pada laga tandang pekan kesembilan Liga 1 2023-2024 menghadapi PSIS Semarang.

Menurut Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Andang Ruhiat, imbauan tersebut disampaikan manajemen kepada Bobotoh, lantaran adanya regulasi larangan suporter tamu datang ke stadion.

Selain itu industri sepakbola nasional saat ini masih terus dipantau secara ketat oleh FIFA dampak dari tragedi di Stadion Kanjuruhan pada kompetisi Liga 1 musim lalu.

Sehingga, menjelang pertandingan yang akan berlangsung pada Minggu (20/08/23) pukul 19.00 WIB, manajemen Persib kembali mengingatkan Bobotoh untuk tidak menyaksikan laga PSIS kontra Persib di Stadion Jatidiri. 

Andang menuturkan, dengan adanya regulasi larangan suporter tamu datang ke stadion, maka saat ini dukungan bisa dilakukan dengan cara lain, di antaranya dengan nonton bareng (nobar).

"Bagi yang ingin mendukung Persib, sebaiknya tidak datang langsung ke Stadion Jatidiri, baik secara individu maupun berkelompok," ucap Andang.

"Untuk sementara, dukungan bisa diberikan dengan doa dan menggelar nonton bareng saja," jelas Andang menuturkan.

Lebih lanjut Andang menuturkan, dengan tidak hadir langsung ke Stadion pada pertandingan tandang, hal itu menjadi bentuk kepatuhan terhadap regulasi yang sudah dikeluarkan oleh operator kompetisi

Selain itu, jika tetap memaksa hadir pada pertandingan tandang kompetisi Liga 1 2023-2024, maka klub tuan rumah dan tamu dipastikan bakal mendapat sanksi berupa denda.

Sebagai informasi, Persib sudah dua kali mendapatkan sanksi denda sebesar Rp 25 juta atas pelanggaran regulasi larangan suporter tamu hadir pada pertandingan tandang Liga 1 2023-2024.

Sanksi denda yang diberikan Komdis PSSI kepada Persib, yakni pada pertandingan melawan Persik di Stadion Brawijaya Kediri, 28 Juli 2023. Kemudian, saat laga tandang menghadapi Persis di Stadion Manahan Solo, 8 Agustus 2023 lalu.

Sementara itu, tim Persib saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi, pasalnya hingga memasuki pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024 skuad Maung Bandung masih berada di peringkat 16 dengan mengumpulkan 8 poin.

Pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang, skuad Maung Bandung akan mengincar kemenangan. Pasalnya, dengan hasil maksimal tim kebanggaan Bobotoh bisa keluar dari zona merah.

Sebelum berangkat ke Semarang, tim Persib di bawah asuhan pelatih Bojan Hodak sudah mempersiapkan diri dengan berlatih di Stadion Persib dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Selain itu, sebelum menghadapi PSIS, tim Persib hanya mampu meraih satu poin, usai ditahan imbang Barito Putera pada pertandingan kandang di Stadion GBLA, Kota Bandung. 

Sedangkan PSIS Semarang, memiliki kepercayaan diri yang bagus, pasalnya pada pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024 mereka berhasil meraih kemenangan.

Pada pekan delapan, PSIS berhasil menaklukkan tuan rumah Dewa United dengan skor telak 4-1. Sehingga, motivasi dan kepercayaan diri mereka saat ini sedang meningkat.

Untuk itu, Persib Bandung harus bekerja keras dan tidak menganggap enteng lawan, pada pertandingan pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23).