Liga 1

Bawah Mistar PSIS Bikin Gilbert Agius Tersenyum, Siap Hadapi Persib Bandung

Kamis, 17 Agustus 2023 08:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang tambah bersemangat mengejar target papan atas pada Liga 1 2023-2024 usai sektor bawah mistar membuat pelatih Gilbert Agius tersenyum.

PSIS Semarang mendatangkan dua kiper baru pada Liga 1 musim ini, yakni Rizky Darmawan dan Syaiful Syamsuddin. Keduanya didatangkan untuk menemani Adi Satryo yang jadi kiper utama sepanjang putaran kedua.

Status kiper utama masih berlanjut pada musim ini. Sepanjang delapan pekan Liga 1 berjalan, Adi Satryo sudah tampil penuh dalam tujuh pertandingan.

Pekan delapan menjadi babak baru di sektor bawah mistar PSIS. Syaiful dan Rizky mencatatkan debut untuk PSIS di Liga 1 pada laga melawan Dewa United, Senin (14/8/23).

Syaiful tampil dalam 62 menit dengan melakukan tiga penyelamatan penting. Setelah Syaiful ditarik keluar karena cedera, Rizky tampil dalam 28 menit waktu normal dengan mencatatkan empat penyelamatan.

Performa menawan Syaiful dan Rizky membuat gawang PSIS hanya jebol sekali lewat eksekusi penalti Alex Martins. Situasi itu membuat lini depan PSIS percaya diri dan sukses membuat empat gol.

Pelatih PSIS, Gilbert Agius, dibuat tenang untuk sektor bawah mistar. Selain Adi, Syaiful dan Rizky, PSIS juga masih memiliki kiper muda, Husein Akbar Al Fauzi.

Adi Satryo kemungkinan butuh waktu untuk kembali bermain karena sedang sakit. Makanya dalam beberapa Liga 1 2023-2024, kemungkinan Syaiful, Rizky atau Husein berpotensi main.

"Saya gembira dengan semua kiper. Adi, Syaiful, Rizky dan Husein merupakan kiper yang bagus," kata Gilbert Agius.

Makanya, ketika menang atas Dewa United, Gilbert Agius tak mau sekadar memuji Paulo Gali Freitas yang mencetak satu gol, satu assist dan satu tendangan bebas penentu gol Carlos Fortes.

Gilbert Agius tak mau melupakan jasa Syaiful dan Rizky yang menggagalkan seluruh peluang open play dari kaki Dimitrios Kolovos dkk.

"Syaiful bermain bagus di babak pertama dan Rizky juga bagus di babak kedua. Inilah alasan saya bilang tidak hanya Gali yang bermain baik," jelas Gilbert Agius.

Performa menawan sektor bawah mistar membuat PSIS Semarang percaya diri jelang laga melawan Persib Bandung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/8/23).

Walaupun masih di zona degradasi, sektor menyerang Persib Bandung sangat berbahaya. Ada Ciro Alves yang sudah mencetak lima gol.

Total, Persib telah mencetak 12 gol dari 8 laga. Dari tujuh laga itu, mereka hanya gagal mencetak gol saat pertandingan melawan Bali United.

Kemungkinan besar Syaiful akan berdiri dari menit pertama. Dokter tim PSIS, Radityo Haryo Yudhanto, memastikan cedera Syaiful saat melawan Dewa United tidak serius.

"Sementara Saiful keluhan nyeri di lutut kiri karena terjatuh saat penalti, kemarin sedikit kaku pada lutut kiri. Kami juga sudah terapi obat dan diberikan dan serta fisioterapi dan diobservasi setiap hari," jelas Radityo.

Kemungkinan besar Syaiful hanya membutuhkan waktu dua hari untuk pemulihan atau sama seperti Carlos Fortes yang sempat cedera ringan melawan Dewa United.

"Sama seperti Fortes, dua hari setelah match sudah kembali seperti sebelumnya," ucap Radityo.

PSIS Semarang masih memiliki tiga hari lagi untuk menentukan pemain yang siap melawan Persib Bandung. Poin dari laga ini sangat penting untuk menjaga posisi di zona empat besar Liga 1 2023-2024.