Liga 1

Gali Freitas Buat Lini Depan PSIS Bergairah, Carlos Fortes Siap Lawan Persib Bandung

Selasa, 15 Agustus 2023 13:09 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Instagram@psisfcofficial
Penyerang PSIS, Gali Freitas mendapat hadangan dari pemain Dewa United pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Senin (14/08/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Penyerang PSIS, Gali Freitas mendapat hadangan dari pemain Dewa United pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Senin (14/08/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - Lini depan PSIS Semarang bergairah lagi di Liga 1 2023-2024 berkat performa ciamik Paulo Gali Freitas. Winger asal Timor Leste siap beraksi lagi bersama Carlos Fortes saat laga melawan Persib Bandung, Minggu (20/8/23).

Gali Freitas sangat menonjol pada aksi pertamanya di luar Timor Leste. Gali bisa membuktikan kualitasnya meski dari data Transfermarkt tercatat sebagai pemain asing dengan market value terendah di Liga 1.

Kemenangan PSIS atas Dewa United 4-1 di Indomilk Arena, Senin (14/08/23), menjadi salah satu aksi fantastis Gali Freitas. Ia mencetak satu gol, satu assist untuk gol Boubakary Diarra dan satu sepakan kunci yang menjadi gol Carlos Fortes.

Saat PSIS menang atas Arema FC 2-0, Gali Freitas juga tampil luar biasa. Ia mencatatkan satu assist untuk gol Septian David Maulana.

Performa ciamik Gali Freitas membuat lini depan PSIS kembali bergairah di Liga 1. Setelah sempat kesulitan mencetak gol, PSIS membuat enam gol dalam dua partai.

Hebatnya, Gali Freitas terlibat langsung dalam empat gol. Jika ditotal Gali Freitas sudah mencatatkan tiga gol dan empat assist dari delapan penampilan bersama PSIS Semarang di Liga 1 2023-2024.

Lalu, dari statistik Liga 1 juga menunjukkan Gali Freitas punya kualitas tembakan mumpuni. Ia mencatatkan 10 shot on target dari 12 kali percobaan.

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, memuji kontribusi yang dicatatkan Gali Freitas. Namun, ia juga senang dengan performa tim secara keseluruhan.

"Gali Freitas pemain yang bagus dan konsisten di setiap pertandingan. Tapi tidak hanya dia, mungkin taktik kami membantu Gali untuk bermain lebih baik," kata Gilbert Agius.

Gilbert Agius berbicara support system yang ada di PSIS. Para pemain saling membantu rekannya untuk tampil bagus, termasuk pada Gali Freitas.

"Menurut saya semua pemain sangat baik dan mendukung Gali bermain bagus," tutur Gilbert Agius.

Dua kemenangan beruntun membuat PSIS mengamankan posisi di peringkat empat klasemen sementara Liga 1 2023-2024.

Gilbert Agius menyebut tim telah bekerja keras. Kemenangan atas Dewa United menjadi salah satu yang paling istimewa karena diraih di kandang lawan.

"Kemenangan ini untuk semua pemain. Ini game yang fantastis. Semua pemain telah bermain melawan Dewa United yang juga memiliki permainan baik dan pelatih baik. Saya senang dengan hasil ini," papar Gilbert Agius.

Tajamnya lini depan PSIS dalam dua laga terakhir membuat percaya diri tim meningkat jelang melawan Persib Bandung di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (20/8/23).

Dalam laga melawan Persib, Gali Freitas jelas masih yang terdepan untuk menghuni pos gelandang sayap kanan. Apalagi winger asal Brasil, Vitinho juga masih berjuang menyembuhkan cedera betis.

Begitu pula dengan Carlos Fortes yang kini telah mencetak lima gol. Meski sempat keluar menit ke-67 dan digantikan Septian David Maulana, kondisi Fortes masih prima.

Dokter tim PSIS, Radityo Haryo Yudhanto, memastikan Fortes hanya mengalami cedera ringan. Tim medis sedang bekerja keras agar cedera itu bisa sembuh dua hari.

"Fortes memar biasa pasca benturan dengan pemain Dewa United. Dua hari dia sembuh dan siap untuk lawan Persib. Saat ini sudah kami beri obat dan dilakukan fisioterapi," jelas Radityo.

Dalam laga melawan Persib nanti, PSIS kemungkinan besar akan bermain tanpa Haykal Al Hafiz. Ia dipilih Timnas Indonesia U-23 untuk menggantikan posisi Rizky Ridho yang tak dilepas Persija Jakarta.