Timnas Indonesia

Klasemen Piala AFF U-23 2023: Peluang Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Terjaga

Senin, 21 Agustus 2023 23:20 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023. Copyright: © PSSI
Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

INDOSPORT.COM - Peluang timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 ternyata masih terjaga hingga saat ini.

Hal tersebut karena hasil pertandingan akhir di Grup A terjadi sesuai harapan, dimana Kamboja akhirnya bisa dikalahkan oleh Thailand di partai pamungkas.

Thailand menang 2-0 atas Kamboja masing-masing gol dicetak oleh dua kali gol bunuh diri Reth Ly Heng menit ke-50 dan ke-80.

Hasil tersebut membuat Thailand memastikan diri berlaga di semifinal Piala AFF U-23 2023 usai menjadi juara Grup A dengan 9 poin. Sedangkan Kamboja tertahan di peringkat ke-2 dengan 4 poin

Di sisi lain, kekalahan Kamboja menguntungkan timnas Indonesia U-23 karena mereka gagal digeser di puncak klasemen khusus yang berisi para tim peringkat kedua dari Grup A, B dan C.

Jalur runner-up terbaik jadi satu-satunya harapan timnas Indonesia U-23 untuk bisa lolos ke semifinal. Posisi Skuad Garuda Muda ditempel ketat oleh Filipina.

Saat ini nasib timnas Indonesia U-23 hanya tinggal menunggu hasil pertandingan terakhri grup C antara Vietnam vs Filipina.

Jika Vietnam menang, maka timnas Indonesia U-23 bisa ke semifinal dengan catatan Malaysia bisa mengalahkan Timor Leste.

Tetapi jika Vietnam menang dari Filipina, dan Malaysia kalah lebih dari satu gol dari Timor Leste, maka timnas Indonesia U-23 dipastikan tersingkir, karena posisi mereka di peringkat ke-2 bisa digeser oleh Timor Leste.

Itu lah sebabnya saat menghadapi Timor Leste kemarin, timnas Indonesia U-23 diwajibkan menang besar agar tak bisa disalip dalam perolehan head to head ata selisih gol, tetapi anak asuh Shin Tae-yong hanya bisa menang 1-0.

Sementara itu untuk daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF U-23 2023, ada tiga nama yang saat ini memimpin salah satunya wakil Merah Putih, Ramadhan Sananta dengan 2 gol.

Dua pemain lainnya adalah Sor Rotana (Kamboja), dan Fergus Tierney (Malaysia). Berikut daftar klasemen dan top skor sementara Piala AFF U-23 2023 selengkapnya: