Liga 1

Sejumlah Bintang Persib Jalani Pemulihan Cedera Usai Comeback Dramatis Lawan PSIS

Selasa, 22 Agustus 2023 20:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persib Levy Madinda usai mencetak gol ke gawang Barito Putera pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persib Levy Madinda usai mencetak gol ke gawang Barito Putera pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung).

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan kondisi pemain usai menghadapi PSIS Semarang, pada pekan kesembilan Liga 1 2023-2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23).

Menurut Rafi, setelah pertandingan tersebut secara keseluruhan pemain Persib tidak ada yang mengalami cedera, meskipun Arsan Makarin sempat mengalami luka robek di bagian pelipis mata kirinya.

"Perkembangan pemain setelah melawan PSIS Semarang. Memang Alhamdulillah tidak ada yang mengalami cedera," kata Rafi Ghani di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (22/08/23).

"Cuma memang pada saat kejadian lawan Semarang atlet kita yang bernama Arsan kena benturan di pelipis mata kirinya. Dan, mengalami luka robek," ucap Rafi menambahkan.

Rafi menuturkan, saat pertandingan menghadapi PSIS, kepala Arsan sempat mengalami benturan di bagian belakangnya, namun setelah diobservasi hasilnya sejauh ini bagus.

"Waktu pada saat kejadian selain ada luka robek, memang ada benturan di belakang kepalanya,"

"Kita observasi, Alhamdulillah yang saya takutkan seperti misalnya geger otak ringan atau apa. Dan, sampai saat ini Alhamdulillah tidak ada tanda-tanda ke arah sana," jelasnya.

"Tadi pun sudah mengikuti kegiatan latihan bersama, sambil lakukan rawat luka di bagian pelipis mata kirinya," ungkapnya.

Tim medis Persib dengan beberapa pertimbangan tidak menjahit luka robek yang dialami oleh Arsan Makarin, meski demikian pihaknya tetap melakukan tindakan tertentu untuk menangani pemain yang berposisi sebagai sayap kanan tersebut.

"Arsan kebetulan lukanya dia ketemu luka sama luka. Terus pada saat pendarahannya berhenti, jadi mengingat waktu itu sudah malam,"

"Ternyata pendarahan berhenti, kita pakai teknik tertentu supaya pendarahan berhenti dan tidak dilakukan jahitan," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rafi juga membeberkan kondisi terkini pemain Persib lainnya, yang sebelumnya absen menghadapi PSIS Semarang karena mengalami cedera, di antaranya Dedi Kusnandar dan David da Silva.

Dedi sendiri sudah kembali berlatih bersama tim, pada sesi latihan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (22/08/23).

"Dedi Kusnandar sama Febri yang sebelumnya memang cedera ringan saat ini sudah bergabung dengan latihan bersama dengan pelatih. Mudah mudahan besok juga sudah mulai bergabung full dengan program pelatih kepala berikan," ungkapnya.

Sedangkan striker andalannya Persib, David da Silva tidak terlihat berlatih, pasalnya pemain asal Brasil tersebut menurut Rafi harus menjalani pemeriksaan di rumah sakit untuk mengetahui kondisinya.

"Kalau untuk DDS, dia tidak muncul karena ada sesuatu yang harus dilakukan di rumah sakit," ucap Rafi.

Kemudian, Teja Paku Alam sejauh ini masih menjalankan program pemulihan, pasalnya penjaga gawang andalan Persib tersebut mengalami cedera di bagian tangan kiri.

Sehingga, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Selasa (22/08/23), Teja Paku Alam belum bisa berlatih bersama rekan-rekannya untuk persiapan menghadapi RANS Nusantara FC.

"Ada rasa nyeri di bagian lengan bawah tangan kirinya. Memang sedang kita lakukan pemeriksaan terus menerus. Dan sudah dilakukan CT scan, memang ada sedikit pembengkakan di bagian lengan tangan kirinya," katanya.

"Memang sedang diistirahatkan untuk tidak mengikuti aktivitas dulu. Jadi menghindari trauma yang terus menerus di tangan kirinya. Kita istirahat sambil kita kasih pengobatan. Mudah mudahan itu akan cepat pulih," jelas Rafi.