Timnas Indonesia

Teco Pasang Badan untuk Kadek Arel yang Jadi Sorotan Kekalahan Timnas U-23

Selasa, 22 Agustus 2023 12:37 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© MO Bali United
Bek Bali United, I Kadek Arel Priyatna. (Foto: MO Bali United) Copyright: © MO Bali United
Bek Bali United, I Kadek Arel Priyatna. (Foto: MO Bali United)

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, meminta publik memberikan dukungan penuh pada I Kadek Arel Priyatna. Kadek gabung Timnas Indonesia U-23 dalam usia yang masih sangat muda.

Kadek Arel merupakan satu dari tiga pemain berusia 18 tahun yang dibawa ke Piala AFF U-23 2023. Ia dipanggil Timnas U-23 bersama gelandang Arema FC, Arkhan Fikri dan penyerang Bhayangkara FC, Muhammad Ragil.

Kadek Arel layak dipanggil karena mendapat tempat inti dan tampil bagus di Liga 1 2023-2024. Kadek Arel menjadi bek tengah termuda di Liga 1 yang selalu tampil sebagai starter Bali United.

Hanya saja, debutnya bersama Timnas U-23 mendapat kritikan tajam. Ia dituding menjadi biang kekalahan atas Malaysia 1-2 pada laga pembuka Piala AFF U-23 2023, Jumat (18/08/23) lalu.

Kadek Arel melakukan pelanggaran di kotak enam belas yang berbuah penalti untuk Malaysia. Kemudian, gol kedua Fergus Tierney lahir karena sapuan bola Kadek Arel diklaim tak maksimal.

Sebenarnya, meski kritikan datang dari netizen, pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong masih percaya pada Kadek Arel. Buktinya, dalam laga kedua melawan Timor Leste, Kadek Arel dipilih sebagai pemain inti lagi.

Terkait situasi tersebut, Stefano Cugurra Teco membela Kadek Arel. Ia mengingatkan publik bahwa Kadek Arel mendapat panggilan dari Timnas U-23 dalam usia yang masih sangat muda.

"Arel masih sangat muda. Seharusnya semua dukung dia agar bisa percaya diri dan bisa bermain bagus saat ada kesempatan main lagi," kata Teco.

Teco pun membeberkan momen ketika menempa Kadek Arel di Liga 1. Pemain yang baru dipromosikan dari Bali United U-20 ini diberi kesempatan lima kali bermain di Liga 1 2022-2023.

Setelah tampil meyakinkan, Kadek Arel terpilih sebagai tandem Elias Dolah di Liga 1 2023-2024. Ia dinilai bermain stabil dalam delapan penampilan.