Liga 1

Menerka Siapa Saja Pemain Akademi Jadi Opsi Persis Solo di Markas PSM Makassar

Kamis, 24 Agustus 2023 18:28 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persis Solo
Striker Persis Solo, Arkhan Kaka menjaga ketat pemain Bali United, Ricky Fajrin pada laga Liga 1 2023/2024 pekan kesembilan di stadion Manahan, Sabtu (19/08/23). Copyright: © MO Persis Solo
Striker Persis Solo, Arkhan Kaka menjaga ketat pemain Bali United, Ricky Fajrin pada laga Liga 1 2023/2024 pekan kesembilan di stadion Manahan, Sabtu (19/08/23).

INDOSPORT.COM - Empat pemain akademi berpotensi menjadi andalan Persis Solo sekali lagi saat menyambangi markas PSM Makassar dalam laga pekan ke-10 Liga 1 Indonesia 2023/24, Senin (28/8/23)..

Kemenangan Laskar Sambernyawa atas Bali United 3-1, Sabtu (19/8/23), memunculkan fakta mengejutkan. Persis Solo bisa menang meskipun enam pilar penting absen.

Peran Alexis Messidoro, David Gonzalez, Gavin Kwan Adsit, Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari dan Muhammad Kanu Helmiawan sukses digantikan produk akademi dari Persis Youth.

Produk Persis Youth itu tak kesulitan mengimbangi level Liga 1 2023/24 karena progresnya sudah diawasi Jacksen Ferreira Tiago selaku direktur akademi. Mereka juga kerap beruji tanding melawan tim Liga 1, termasuk para seniornya.

"Saya percaya mereka bisa bermain dengan bagus. Saya percaya mereka paham dan mengerti game all in serta identitas kita," kata pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, usai laga melawan Bali United.

Kemungkinan besar produk akademi kembali diandalkan Persis saat melawan PSM Makassar di Stadion BJ Habibie, Parepare. Bisa jadi beberapa nama akan masuk pada babak kedua.

Meski secara pengalaman masih kurang, Arkhan Kaka Putra dkk. memiliki kecepatan untuk memanfaatkan kelelahan PSM seusai bermain di play-off Piala AFC 2023/24.

INDOSPORT melihat empat nama yang punya potensi besar dimainkan saat Persis Solo vs PSM Makassar. Simak ulasan berikut ini!

1. Faqih Maulana (18 tahun)

Faqih Maulana menjadi opsi terdepan untuk posisi wing back kiri, dalam formasi 3-5-2 atau full back dalam formasi 4-4-2. Pasalnya, Gavin Kwan Adsit masih dalam pemulihan cedera hingga Eky Taufik digeser ke sisi kanan.

Pada Liga 1 2023/24, Faqih sudah tampil dalam tujuh pertandingan, dimana tiga di antaranya berstatus pemain inti. Dalam tiga momen Faqih menjadi pemain inti, Persis Solo mencatatkan satu kemenangan, dua hasil imbang dan belum pernah kalah.

Dalam laga melawan PSM Makassar nanti, Faqih bakal mendapat tugas super berat. PSM memiliki Yakob Sayuri yang kerap dipasang sebagai gelandang sayap kanan.

Saat PSM mengalahkan Yangon United 4-0, Yakob mencetak satu gol. Yakob juga ditarik keluar menit ke-67, digantikan Rizky Eka. Besar kemungkinan Yakob akan tampil dari menit pertama saat PSM menjamu Persis Solo.

2. Arkhan Kaka Putra Purwanto (15 tahun 11 bulan)

Arkhan Kaka tampil bagus dalam aksi perdananya di Liga 1 2023-2024. Arkhan Kaka baru ditarik keluar pada menit ke-90 ketika pelatih melakukan perubahan strategi di lini tengah.

Pergerakan cepat Arkhan Kaka membantu Persis mendapat penalti setelah dia dijatuhkan bek Bali United, Ardi Idrus. Kaka juga membuat bek Bali United kelelahan hingga hilang fokus pada gol ketiga Persis Solo lewat Arapenta Poerba.

Arkhan Kaka punya potensi besar untuk dimainkan Persis Solo dalam laga melawan PSM Makassar. Namun, Kaka berpotensi tampil pada babak kedua karena David Gonzalez sudah kembali dalam latihan.

Arkhan Kaka berpotensi jadi andalan ketika lini belakang PSM Makassar dibuat kelelahan setelah menjaga duet David dan Fernando Rodriguez.

Namun, ada kemungkinan strategi ini dibalik dengan Kaka bermain dari awal dan David Gonzalez masuk sebagai pemain pengganti. Situasi ini baru ditentukan pada latihan terakhir di Parepare nanti.

3. Althaf Indie Fahrezi (20 tahun)

Althaf Indie merupakan gelombang pertama pemain akademi yang dipromosikan ke tim senior. Althaf Indie sudah dimainkan sejak Liga 1 2022-2023, termasuk laga melawan PSM Makassar.

Ada kemungkinan Althaf Indie kembali dimainkan melawan PSM di Liga 1 2023-2024. Potensinya membesar jika Persis Solo menggunakan strategi empat bek belakang.

Namun jika Persis Solo mempertahankan skema 3-5-2, Althaf kemungkinan dimainkan pada babak kedua atau saat Persis Solo butuh tambahan di sektor penyerangan.

Althaf merupakan satu-satunya opsi tersisa, ketika Moussa Sidibe dijadikan gelandang, karena Irfan Jauhari masih bersama Timnas U-23 dan Alfath Fathier dalam tahap pemulihan cedera.

4. Rifqi Ray Farandi (19 tahun)

Rifqi Ray Farandi merupakan gelandang box to box yang baru dipromosikan musim ini, setelah sempat dipoles di Persis Youth. Rifqi Ray punya kelebihan dalam melancarkan serangan, namun juga bisa mengganggu upaya build up lawan.

Saat diturunkan dalam dua pertandingan di Liga 1 2023-2024, Rifqi Ray selalu hadir memberi perbedaan. Persis Solo selalu mencetak gol meski laga melawan Bali United dan Madura United hanya tersisa beberapa menit.

Saat melawan Madura United, Persis Solo sukses mencetak tiga gol. Sementara saat melawan Bali United,Persis Solo menambah satu gol.

Ada kemungkinan Rifqi Ray masuk ketika laga Persis Solo vs PSM Makassar tersisa 10-15 menit. Rifqi Ray bisa memberi perbedaan yang berpotensi memunculkan gol lagi untuk Laskar Sambernyawa.