Liga Indonesia

Pembagian Grup Liga 2 2023-2024: PSIM dan Persela Masuk Grup Mana?

Sabtu, 19 Agustus 2023 21:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pembagian grup kompetisi Liga 2 2023-2023 yang akan diselenggarakan mulai bergulir pada 10 September 2023 mendatang. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pembagian grup kompetisi Liga 2 2023-2023 yang akan diselenggarakan mulai bergulir pada 10 September 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM - Pembagian grup kompetisi Liga 2 2023-2023 yang akan diselenggarakan mulai bergulir pada 10 September 2023 mendatang.

Pembagian grup Liga 2023-2024 disampaikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) melalui surat bernomor 467/LIB-COR/VII/2023.

Ferry Paulus selaku Direktur Utama PT LIB menetapkan format yang dipakai di Liga 2 tahun ini setelah sebelumnya PT LIB sempat mengajukan tiga opsi. 

Sebanyak 28 klub akan dibagi dalam empat grup dengan masing-masing berisi tujuh klub. Babak grup dilakukan dengan sistem home-away.

Misalnya Persiraja Banda Aceh akan berada di Grup A bersama sejumlah tim yang berada di pulau Sumatera, seperti PSMS Medan, PSDS Deli Serdang, Sada Sumut FC, Semen Padang FC, PSPS Riau, dan Sriwijaya FC.

PSIM yang sejatinya berbasis di Yogyakarta masuk ke grup B bersama klub-klub Jawa Barat seperti FC Bekasi City, Malut United FC, PSKC Cimahi, Persikab Kab. Bandung, dan Nusantara United.

Grup C akan dihuni sejumlah tim Jawa Tengah dan Jawa Timur termasuk Persijap Jepara, Persipa Pati, PS Deltras Sidoarjo,  dan Persela Lamongan.

Ada pun Persipura Jaya dan Kalteng Putra berada di Grup 4 yang juga dihuni beberapa tim asal Timur seperti Sulut United dan PSBS Biak.

Tiga tim teratas masing-masing grup akan melaju ke babak 12 besar, yang kemudian dibagi lagi menjadi tiga grup dan menjalani laga home-away. 

Sedangkan 16 klub yang tak lolos ke babak 12 besar, akan dibagi kembali dalam empat grup dan menjalani pertandingan untuk menentukan tim yang akan bertahan di Liga 2 dan terdegradasi ke Liga 3 (home-away). 

Untuk selengkapnya, berikut ini pembagian grup Liga 2 2023-2024

Grup A: Persiraja Banda, PSMS Medan, PSDS Deli Serdang, Sada Sumut FC, Semen Padang FC, PSPS Riau, Sriwijaya FC

Grup B: FC Bekasi City, Malut United FC, PSKC Cimahi, Persikab Kab. Bandung, Nusantara United, PSIM Yogyakarta, Perserang Serang

Grup C: Persijap Jepara, Persipa Pati, Persekat Tegal, PSCS Cilacap, PS Deltras Sidoarjo, Gresik United, Persela Lamongan

Grup D: Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, Persipal Babel United, Sulut United, PSBS Biak, Persipura Jayapura, Persewar Waropen