Liga Indonesia

Wawancara Khusus: Renshi Yamaguchi Beberkan Alasan di Balik Kiprah di Liga 2

Sabtu, 19 Agustus 2023 20:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ada pemandangan berbeda di ruang press conferrence Stadion Gelora Joko Samudra (Gejos), pasca laga uji coba Gresik United menjamu Persikab Bandung, Sabtu (19/8/23). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Ada pemandangan berbeda di ruang press conferrence Stadion Gelora Joko Samudra (Gejos), pasca laga uji coba Gresik United menjamu Persikab Bandung, Sabtu (19/8/23).

INDOSPORT.COM - Ada pemandangan berbeda di ruang press conferrence Stadion Gelora Joko Samudra (Gejos), pasca laga uji coba Gresik United menjamu Persikab Bandung, Sabtu (19/8/23).

Untuk pertama kalinya, Gejos menghadirkan pemain asing dalam sesi keterangan resmi kepada awak media. Renshi Yamaguchi tampil mewakili pemain Gresik United.

Kehadiran pemain asing sendiri tak lepas dari regulasi Liga 2 musim 2023/2024, yang kembali membuka keran bagi setiap klub untuk merekrut 2 pemain asing.

Renshi Yamaguchi pun menjadi pemain asing pertama yang diresmikan tim berjulukan Laskar Joko Samudro. Dia mengisi slot pemain asing dari Asia.

Gelandang bertahan kelahiran Jepang berusia 30 tahun itu sebenarnya dinilai masih kompetitif untuk melanjutkan karirnya di Liga 1, selepas membela Arema FC.

Renshi menjalani masa debutnya dengan cukup gemilang semasa membela Arema FC. Dia menyumbang 2 assist dalam 31 laga dan mengantar timnya finis di jajaran 4 besar klasemen musim 2021/2022.

Sayang, Tragedi Kanjuruhan mengubah segalanya. Performanya menurun drastis meski masih menyumbang 2 assist dalam 29 laga pada musim 2022/2023.

Lantas, hal apa yang menjadi pertimbangan Renshi Yamaguchi mau berkiprah di kompetisi Liga 2 musim 2023/2024 bersama Gresik United?

Berikut INDOSPORT mendapatkan kesempatan singkat melakukan wawancara khusus dengan Renshi Yamaguchi selepas sesi press conferrence uji coba kontra Persikab Bandung.

Halo Renshi, akhirnya kamu kembali berkarir di sepak bola Indonesia.

Halo juga, kabar baik. Saya sudah putuskan untuk bermain di Indonesia lagi. Masa depan siapa yang tahu.

Saya yakin, Anda dapat tawaran dari klub Liga 1 lain setelah di Arema FC. Kenapa memilih Gresik United?

Karena klub ini sangat membutuhkan tenaga saya. Itu hal yang sangat penting. Jadi saya harus menghormati mereka dan sekarang berkomitmen beri yang terbaik untuk tim saya.

Coach Eduardo Almeida (pelatih di Arema FC) sekarang membesut Rans Nusantara FC, apakah tidak mengajakmu bergabung?

Kembali lagi, kita tidak tahu bagaimana masa depan kita. Saya sebelumnya sudah berlatih dengan keras (untuk membuka peluang kembali berlaga di Liga 1), tapi saya sekarang disini dan harus buktikan kemampuan terbaik yang saya miliki.

Bagaimana persiapanmu bersama Gresik United?

Saya hanya berusaha fokus mengerjakan tugas saya sebaik mungkin. Ini (uji coba menghadapi Persikab Bandung) adalah pertandingan pertama saya. Jadi harus fokus untuk pertandingan selanjutnya dan selanjutnya. Itu saja yang harus dilakukan.

Lalu soal target tim ini yang ingin kembali ke Liga 1, bagaimana pandanganmu?

Untuk target (pribadi), saya menyamakannya dengan target tim (untuk promosi ke Liga 1). Hanya itu saja.