In-depth

Rekap Sementara Transfer Pemain Persikab Bandung Jelang Liga 2 2023-2024

Jumat, 18 Agustus 2023 03:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Persikab Bandung
Logo Persikab Bandung Copyright: © Persikab Bandung
Logo Persikab Bandung

INDOSPORT.COM - Persikab Bandung, mulai mengumumkan daftar pemain untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024, yang akan bergulir September mendatang.

Melalui akun Instagram klub, Persikab Bandung sejauh ini baru mengumumkan sebanyak delapan pemain anyar dan mempertahankan lima pemain lama, seluruhnya merupakan pilar lokal yang bermain di beberapa posisi.

Selain itu, dari delapan pemain yang sudah diumumkan oleh Persikab, beberapa nama sudah tidak asing lagi di sepak bola Indonesia dan memiliki cukup banyak pengalaman.

Sebelumnya, Persikab juga mengumumkan lima pemain yang dipertahankan yakni Agus Santoso, Ical, Anju Rifaldi, Burhan Afifudin dan Aziiz Al Ghany.

Selain itu, sebelumnya Presiden klub Persikab Bandung, Eddy Moelyo, sudah memberikan informasi kepada INDOSPORT terkait nama pemain asing yang direkrut oleh Laskar Dalem Bandung.

Menurut Eddy, pemain asing yang direkrut oleh Persikab yakni Azamat Abdullaev pemain yang sempat memperkuat Timnas Uzbekistan U-23. Namun, dia belum diumumkan melalui akun media sosial klub.

"Iya asing kita kapten Timnas Uzbekistan, bagus dia sudah gabung tim tanggal 26 (Juli) landing di Jakarta, langsung ikut TC," kata Eddy Moelyo kepada INDOSPORT.

Sebelum bergabung dengan Persikab, Azamat Abdullaev bermain untuk Shurtan Guzar di Uzbekistan Pro Liga, bersama tim tersebut dia tampil dalam lima pertandingan di berbagai kejuaraan.

Selain itu, Azamat Abdullaev juga sempat bermain di Kyrgyz Premier League bersama Neftchi Kochkor-Ata 2019-2022, bersama tim ini dia mendapatkan kesempatan bermain 67 pertandingan di berbagai kejuaraan dan mengoleksi 8 gol.

Bergabung Azamat Abdullaev ke Persikab Bandung, tak lepas dari adanya aturan atau regulasi terkait kuota pemain asing di kompetisi Liga 2 musim 2023-2024.

Kemudian, Eddy membenarkan Persikab Bandung menunjuk Lulut Kistono, sebagai pelatih untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024.

Menurut Presiden klub Persikab Bandung, Eddy Moelyo, bergabungnya Lulut ke tim berjuluk Laskar Dalem Bandung tak lepas dari rekomendasi dari pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

Sehingga, dengan beberapa pertimbangan Persikab memutuskan untuk menunjuk Lulut sebagai pelatih, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2023-2024.

"Iya betul coach Lulut gabung Persikab. Coach Aji merekomendasikan coach Lulut," kata Eddy Moelyo dihubungi INDOSPORT.

Berikut ini, daftar sementara pemain Persikab yang baru saja diumumkan untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024 yang akan bergulir September mendatang.

1. Taufiq Kasrun

Nama Taufiq Kasrun sudah tidak asing lagi di sepak bola Indonesia, pasalnya pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini sudah malang melintang di tanah air dan sempat memperkuat beberapa klub.

Sebelum bergabung dengan Persikab, pemain berusia 37 tahun ini sempat memperkuat Persela Lamongan, Persitara Jakarta Utara, Sriwijaya FC, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, Semeru FC dan PSKC Cimahi.

2. Nosi Setiawan

Pemain berusia 23 tahun ini, dari laman Transfermarkt sebelum bergabung dengan Persikab Bandung memperkuat Persela Lamongan dan bermain sebagai bek tengah.

Selain itu, pemain kelahiran 24 November 1999 ini juga sempat memperkuat beberapa klub lainnya di Indonesia yakni Gresik United dan Persiku Kudus. 

3. Aji Restu Ginanjar

Tidak banyak informasi mengenai Aji Restu Ginanjar, namun melalui akun Instagram klub, Persikab menyebutkan jika Aji merupakan pemain muda yang berposisi sebagai center beck dan juga memiliki kekuatan di kaki kirinya.

4. Beny Wahyudi

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini sudah tidak asing lagi di Indonesia, pasalnya Beny Wahyudi sudah malang melintang di sepak bola tanah air.

Sebelum bergabung dengan Persikab, Beny Wahyudi memperkuat tim asal Jawa Timur, Deltras Sidoarjo, selain itu dia juga sempat bermain di beberapa klub di antaranya Persekabpas Pasuruan, Metro FC, Persewangi, Arema, Madura United, PSM Makassar, PSIM Yogyakarta, dan PSIS Semarang.

Benny Wahyudi juga sempat bergabung dengan Timnas Indonesia, sehingga pengalaman yang dimilikinya diharapkan bisa membawa Persikab berprestasi.

5. Ikhfanul Alam

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini didatangkan Persikab dengan status pinjaman dari Arema FC, selain itu Ikhfanul Alam juga memiliki pengalaman cukup banyak di sepak bola Indonesia.

Selain Arema FC, pemain berusia 31 tahun ini sempat memperkuat beberapa klub, di antaranya Badak Lampung FC, PSIR Rembang, Persiba Balikpapan, Kalteng Putra, Bhayangkara FC, Perserang, Metro FC dan Persikoba.

6. Fatur Adam Setiawan

Bermain sebagai bek kanan, usai Fatur Adam masih cukup muda yakni 20 tahun. Dari keterangan yang diunggah akun Persikab, pemain kelahiran Batam ini pernah menjadi bagian dari Timnas Pelajar U-18.
 
7. Didik Ariyanto

Bek kiri berusia 32 tahun ini, sebelum bergabung dengan Persikab bermain untuk PSMS Medan, selain itu dia juga sempat memperkuat beberapa klub di Indonesia lainnya.

Beberapa klub yang sempat diperkuat oleh Didik Ariyanto, di antaranya Arema FC, PSCS Cilacap, Perserang Serang, Blitar United, Persewangi, dan Perssu.

8. Indra Lesmana Suteja 

Tidak banyak informasi mengenai Indra Lesmana Suteja, meski begitu melalui akun Instagram klub, Persikab menyebutkan jika Indra merupakan pemain asal Jember dan berposisi sebagai bek kiri.

Selain delapan pemain baru, lima pemain lainnya merupakan pilar lama yang dipertahankan oleh Persikab, mereka adalah Agus Santoso (striker), Ical (sayap kanan), Anju Rifaldi, Burhan Afifudin (gelandang bertahan) dan Aziiz Al Ghany (bek kiri).