Liga Indonesia

Kampiun Edy Rahmayadi Cup 2023 Jadi Modal PSMS Medan Sambut Persaingan Liga 2

Kamis, 17 Agustus 2023 12:55 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - PSMS Medan menjuarai turnamen pramusim bertajuk Edy Rahmayadi Cup 2023 usai menang tipis 1-0 atas sesama kontestan Liga 2, Sada Sumut FC, di Stadion Teladan, Medan, Rabu (16/8/23) semalam.

Kemenangan di final itu membuat PSMS kembali mempertahankan gelar juara sekaligus ulangan edisi sebelumnya. Tahun lalu, mereka juga menang atas Sada Sumut yang masih bernama Karo United FC.

Di laga ini, PSMS kembali menurunkan kekuatan penuh seperti Abdul Rohim (kiper), Joko Susilo, Aziz Hutagalung, Fardan Harahap, Ikhsan Pratama, Defri Rizki, hingga Assanur Rizal 'Torres'. Minus Rachmad Hidayat yang mengalami cedera.

Sementara di kubu seberang yang dilatih Suharto AD juga memasang sejumlah pemain andalan seperti Rian Ramadhan, eks PSMS musim lalu sekaligus pemain pinjaman dari klub Liga 1 Arema FC, Kevin Armedyah, hingga sang kapten Aidun Sastra.

Di babak pertama, kedua tim bermain dengan tensi tinggi dengan saling jual beli serangan. Namun, sejumlah peluang yang tercipta belum mampu merubah papan skor yang tetap 0-0 hingga peluit turun minum dibunyikan.

Di babak kedua, PSMS langsung menekan sejak awal. Hasilnya tiga menit pertandingan berjalan, Putra Chaniago akhirnya berhasil mengoyak jala tim lawan, yang dikawal Satria Azhar.

Berawal dari kemelut bola di depan gawang Sada Sumut, Putra Chaniago langsung saja meneruskan bola liar ke gawang lawan. Papan skor lantas berubah 1-0 untuk keunggulan PSMS Medan.

Usai gol tersebut, laga semakin memanas. Sempat beberapa kali terjadi insiden antar pemain kedua tim karena permainan yang kian tensi tinggi.

Kendati menciptakan banyak peluang di antara kedua tim, papan skor tetap tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan dan PSMS berhak kembali mempertahankan gelar juara turnamen pramusim ini dengan skor 1-0.

Usai laga, pelatih PSMS, Ridwan Saragih, tak lupa mengapresiasi kinerja anak asuhnya kendati sejumlah pemain andalan tidak bisa diturunkan pada laga final tersebut.

"Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas prestasi kamu di Edy Rahmayadi Cup. Pemain saya sangat luar biasa dari mulai persiapan hingga hari ini," kata Ridwan.

"Ada sejumlah pemain yang diistirahatkan, memberikan kesempatan pemain lain untuk main. Dan sejak awak kami menerapkan keyakinan harus juara," tegas pelatih berusia 47 tahun itu.

Di sisi lain, kendati hanya menjadi runner-up, pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD, mengapresiasi turnamen pramusim Edy Rahmayadi Cup yang sangat bermanfaat sebagai ajang evaluasi tim asuhannya menjelang kick-off Liga 2.

"Di turnamen ini kita dapat lawan yang sepadan (karena sering uji coba dengan tim satu level di bawah mereka), jadi kita bisa evaluasi. Saat ini kita masih tahap dua dalam schedule, persiapan khusus," sebutnya.

Sebagai informasi, juara ketiga turnamen pramusim ini diraih PSDS Deli Serdang yang berhasil mengalahkan tim Liga 3 Sumut, Labura Hebat FC, lewat adu penalti 4-3, usai sebelumnya bermain imbang 2-2 di waktu normal 2x45 menit.