Liga Indonesia

Nasib Miris Persipura Jayapura yang Kini Terancam Tak Bisa Ikut Liga 2 2023/24

Kamis, 10 Agustus 2023 14:04 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Tim Persipura Jayapura saat berujicoba di Stadion Lukas Enembe. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Tim Persipura Jayapura saat berujicoba di Stadion Lukas Enembe.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura belum juga mempersiapkan tim hingga sebulan jelang kick-off Liga 2 2023/24. Mereka masih menunggu laporan pertanggung jawaban keuangan kepada sponsor dari manajemen sebelumnya.

Jika tidak menyerahkan laporan tersebut, klub pengoleksi empat gelar juara Liga Indonesia itu terancam tak bisa ikut Liga 2 karena sampai detik ini belum juga mendapatkan sponsor.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pihaknya masih menunggu laporan tersebut. Setelah semuanya rampung dan diserahkan, barulah mereka akan bergerak melobi sponsor untuk mendanai akomodasi untuk Liga 2.

"Saya berbicara sebagai manajemen bukan ketua umum. Salah satu syarat yang harus dipenuhi Persipura Jayapura yaitu penggunaan sponsor lalu, yaitu Bank Papua dan PT Freeport Indonesia itu harus dipertanggung jawabkan," kata Benhur Tomi Mano, Kamis (10/8/23).

"Berkali-kali kami manajemen bersurat kepada manajer yang telah kami tunjuk untuk mempertanggungjawabkan hal itu. Kami dinilai oleh PSSI." 

"Kalau tidak memenuhi syarat itu pasti Persipura tidak akan ikut Liga. Kami sudah berulang kali menyurati manajer Persipura dengan timnya perihal itu," ujarnya.

Karena masih berkutat dengan kendala tersebut, manajemen Persipura sampai saat ini pun belum mengontrak atau mendatangkan pemain untuk kompetisi Liga 2. Tim Mutiara Hitam belum melakukan persiapan sama sekali.

"Kami belum merekrut para pemain, karena konsekuensinya itu kami harus mengikat kontrak, bayar pelatih, pemain dll. Sampai sekarang kami belum siap apa-apa," imbuhnya.

Sekadar mengingatkan, manajer Persipura pada musim lalu, Yan Permenas Mandenas sudah resmi menjabat sebagai manajer sekaligus komisaris klub Liga 2 asal Papua, PSBS Biak.

Mandenas bahkan sudah membuat gebrakan membangun skuat elite PSBS dengan mendatangkan tujuh mantan pemain Persipura, Persebaya Surabaya dan Persita Tangerang.

Mereka antara lain Ruben Sanadi, Fandri Imbiri, Nelson Alom, Anis Nabar, Israel Wamiau, Irvan Mofu, Gerri Mandagi dan Panggih Prio Sembodho.

Mandenas juga telah merekrut satu pemain asing asal Brasil, Alexandro Ferreira. Juga mendatangkan eks pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendro Susilo dan asisten pelatih Elie Aiboy serta Erol Iba. 

Pada 2017, klub asal Papua Persiwa Wamena pernah didegradasi ke Liga Nusantara karena tak ikut serta pada kompetisi Liga 2 karena kondisi finansial. Kini, Persipura juga terancam diganjar sanksi serupa jika tak kunjung dapat sponsor.