In-depth

Lee Kang-in, Calon Pahlawan Korea Selatan di Asian Games Penerus Son Heung-min

Jumat, 25 Agustus 2023 15:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PressFocus/MB Media/Getty Images
Pemain PSG dan Timnas Korea Selatan, Lee Kang-in. Copyright: © PressFocus/MB Media/Getty Images
Pemain PSG dan Timnas Korea Selatan, Lee Kang-in.

INDOSPORT.COM - Bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lee Kang-in, bisa menjadi penerus Son Heung-min sebagai pahlawan Korea Selatan di Asian Games 2022 (2023).

Seperti diketahui, Asian Games 2022 sudah di depan mata. Perhelatan akbar ini, awalnya akan digelar tahun lalu namun harus ditunda karena Covid-19.

Jika tidak ada halangan, Asian Games 2022 yang sebelumnya tertunda akan diselenggarakan pada tanggal 23 September hingga 8 Oktober di Hangzhou.

Sepak bola putra menjadi salah satu olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games edisi XIX ini, dan rencananya digelar lebih awal pada 19 September.

Korea Selatan sendiri memiliki catatan positif di sepak bola putra Asian Games. Mereka adalah juara edisi lalu (2018) yang digelar di Indonesia.

Saat itu, publik sempat dibuat berbincang dengan kehadiran Son Heung-min sebagai wilcard Timnas Korea Selatan U-23.

Ia dipasang sebagai pemain di atas umur (overage) dan secara tidak langsung bertindak sebagai senior sekaligus pemimpin bagi para pemain lainnya.

Terlebih lagi, beban Timnas Korea Selatan di Asian Games 2018 tergolong berat lantaran status juara yang mereka raih sebelumnya (Incheon 2014).

Beban tersebut, tentu saja, kini bertambah dua kali lipat karena Korea Selatan pasti difavoritkan agar hat-trick juara di Asian Games 2022.

Di Asian Games 2018, Son Heung-min mencetak satu gol saat Korea Selatan Kyrgyzstan, sedangkan untuk gelar top skor turnamen jatuh kepada Hwang Ui-jo (8 gol).

Kemenangan Korea Selatan di Asian Games 2018 ini pun membuat Son Heung-min dikecualikan dari kewajiban wajib militer. Ia hanya mengikuti pelatihan dasar dengan waktu singkat.

Kini, Timnas Korea Selatan sudah memiliki Lee Kang-in sebagai calon pahlawan baru untuk gelaran Asian Games 2022.

Mereka berada di Grup E bersama Thailand, Kuwait, dan Bahrain. Pertandingan pertama di fase grup akan dilangsungkan pada 19 September 2023.

Lee Kang-in merupakan satu dari sekian pesepak bola asal Negeri Ginseng yang memiliki pengalaman bermain di Eropa.

Sebelum berada di PSG saat ini, ia sudah pernah merumput di Valencia dan Mallorca. Ia juga menjadi Golden Ball Piala Dunia U-20 2019.

Untuk penghargaan tersebut, Lee Kang-in mengangkangi Serhiy Buletsa (Ukraina) dan Gonzalo Plata (Ekuador).