Liga Indonesia

Standar Tinggi PSMS Medan Paksa Striker Brasil Mateus Toto Pulang Kampung

Jumat, 25 Agustus 2023 12:56 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - PSMS Medan dipastikan tak memakai jasa striker asing asal Brasil, Mateus Toto, untuk mengarungi Liga 2 2023/24. Dia batal dikontrak dan dipulangkan ke negara asalnya.

Direktur Teknik dan Pembinaan PT Kinantan Medan Indonesia (KMI) yang menaungi PSMS, Andry Mahyar Matondang, membenarkan kabar dipulangkannya Mateus Toto.

"Jadi hasil medical check up dia (riwayat) ACL (cedera), jadi belum dikontrak. Dipulangkan," kata Andry kepada awak media, Kamis (24/8/23).

Dengan kata lain, PSMS sudah memulangkan tiga pemain asing, setelah sebelumnya PSMS juga sudah mendepak Hiroya Konno (Jepang) dan Carlos Lomba (Portugal). 

Seperti Mateus Toto, Lomba juga punya riwayat cedera, sementara Hiroya sempat diturunkan di turnamen pramusim Edy Rahmayadi Cup 2023, namun dianggap tak memenuhi ekspektasi. 

Khusus Toto sempat dispekulasikan akan tampil di final Edy Rahmayadi Cup 2023, namun ternyata tak diturunkan juga dan berkahir dipulangkan.

Lebih lanjut, Andry menambahkan, meski kompetisi sudah semakin di depan mata, PSMS sudah menjalin komunikasi dengan beberapa pemain asing. "Ada kejutan-kejutan yang kita siapkan," beber Andry.

Di sisi lain, pelatih PSMS, Ridwan Saragih, mengatakan pihaknya tak mau asal membeli pemain asing. Hal itu menjadi alasan hingga saat ini Ayam Kinantan belum mengontrak satu pun nama kendati kick-off Liga 2 sudah semakin dekat. 

"Suporter juga harus tahu, kami serius mendatangkan pemain asing. Sebelumnya ada Hiroya Konno dari Jepang, Lomba dari Portugal, yang ketiga dari Toto dari Brasil. Hanya saja, saya sebagai pelatih punya kriteria. Kualitas dan attitude," ucap Ridwan Saragih. 

"Kenapa saya tidak berkenan? Ada hal-hal tertentu yang tak bisa kami rekrut. Medical check up dan kualitas. Pemain asing minimal betul-betul bisa mendukung PSMS menjangkau target promosi ke Liga 1," pungkasnya.