Bola Internasional

Lecehkan Atlet, Timnas Wanita Spanyol Mogok Main Sampai Presiden 'Mesum' Mundur

Sabtu, 26 Agustus 2023 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Amanda Perobelli
Para pemain Timnas Wanita Spanyol lakukan aksi mogok main sampai presiden sepak bola negara tersebut (RFEF), Luis Rubiales, mundur dari jabatannya. Copyright: © REUTERS/Amanda Perobelli
Para pemain Timnas Wanita Spanyol lakukan aksi mogok main sampai presiden sepak bola negara tersebut (RFEF), Luis Rubiales, mundur dari jabatannya.

INDOSPORT.COM - Segenap pemain timnas Wanita Spanyol melakukan aksi mogok bermain sampai Presiden RFEF (PSSI-nya Spanyol), Luis Rubiales, mundur dari jabatannya.

Melansir Sky Sports, ultimatum ini dibuat berbarengan dengan pernyataan resmi Jennifer Hermoso, Jumat (25/8/23), yang membantah klaim Rubiales bahwa dia setuju dicium bibirnya.

"Saya ingin mengklarifikasi, seperti yang Anda lihat di gambar, bahwa saya tidak pernah menyetujui ciuman yang dia berikan kepada saya," kata Hermoso.

"Saya tidak akan mentolerir jika kata-kata saya dipertanyakan, apalagi jika ada kata-kata yang tidak saya ucapkan," cetusnya.

Pemain berusia 33 tahun ini juga mengklaim RFEF terus menekan dia dan keluarganya untuk bersuara membela Rubiales. Padahal, semua itu tidak sesuai dengan suara hatinya.

Pernyataan Jennifer Hermoso tersebut kemudian ditandatangani bersama oleh seluruh skuat Piala Dunia Spanyol dan 58 mantan pemain sebagai bentuk dukungan.

Luis Rubiales memang berada di bawah tekanan setelah aksinya mencium pemain Timnas Wanita Spanyol, Jennifer Hermoso, saat penyerahan trofi Piala Dunia Wanita 2023.

Kejadian ini menimbulkan kritik dan kecaman yang meluas tidak hanya di Spanyol namun juga secara internasional atas perilaku Rubiales.

Sejumlah pihak sudah mendesak agar Luis Rubiales mundur dari jabatannya lantaran aksinya sudah dianggap mencoreng nama baik sepak bola Spanyol.

Bahkan FIFA juga membuka proses investigasi untuk memutuskan nasib Luis Rubiales, namun dia dengan tegas menolak mundur.