Liga 1

Puasnya Bojan Hodak Usai Bawa Persib Curi Poin di Markas Persija

Minggu, 3 September 2023 08:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persib, David da Silva usai cetak gol ke gawang Persija pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Sabtu (02/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persib, David da Silva usai cetak gol ke gawang Persija pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Sabtu (02/09/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, cukup puas dengan hasil imbang dengan Persija Jakarta, pada pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 23/24 pada Sabtu (02/09/2023).

Menurut Bojan, pada pertandingan tersebut anak asuhnya mampu tampil dominan di awal permainan, namun Persija mampu memanfaatkan peluang melalui tendangan pojok untuk mencetak gol di menit 14.

Sebagai informasi, Persija mampu unggul lebih dulu 1-0 dari Skuad Maung Bandung, melalui gol sundulan Marko Simic, setelah memanfaatkan bola tendangan sepak pojok dan kiper Persib, Fitrul Dwi Rustapa tidak dapat mengantisipasinya.

"Saya rasa ini pertandingan derby dan atmosfernya sangat bagus. Kami tampil dengan lebih dominan terutama pada 30 menit awal tapi mereka memiliki satu peluang dan bisa menjadi gol dari set piece," kata Bojan Hodak setelah pertandingan.

"Simic bisa melepaskan diri dari kawalan kurang dari satu detik dan mencetak gol," ucapnya menambahkan.

Setelah tertinggal 1-0, memasuki babak kedua Skuad Maung Bandung mampu menekan pertahanan Persija dan beberapa kali menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Selain itu, Skuad Maung Bandung mendapatkan keuntungan jumlah pemain, saat memasuki menit 74 setelah gelandang bertahan Persija, Hanif Sjahbandi mendapatkan kartu merah, usai dianggap wasit melanggar Nick Kuipers.

Setelah Persija kekurangan jumlah pemain, Bojan Hodak mengaku melakukan perubahan formasi dengan menarik beberapa anak asuhnya dan menambah pemain depan.

Hingga akhirnya, Persib bisa menyamakan kedudukan 1-1 sekaligus terhindar dari kekalahan, setelah David da Silva yang masuk di menit 79 berhasil merobek gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

"Setelah memasuki babak kedua kami mulai menyerang dan mereka terus bertahan. Setelah kartu merah kami mulai menambah striker tambahan," ungkap mantan pelatih PSM Makassar ini.

"Kami juga bisa menciptakan banyak situasi yang berbahaya tapi sayangnya kami tidak bisa menambah gol yang lain. Sepakbola selalu begitu, jika tidak bisa mencetak gol maka tidak bisa menang," jelasnya.

Meski hanya satu gol yang tercipta pada pertandingan tersebut, Bojan Hodak tetap bersyukur, pasalnya tim kebanggaan Bobotoh bisa membawa pulang satu poin dan terhindar dari kekalahan.

Hasil pertandingan tersebut menurut Bojan Hodak, menjadi modal untuk laga selanjutnya, selain itu pada laga pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 dia menargetkan untuk mengamankan kemenangan.

"Kami pulang dengan membawa satu poin, yang terpenting kami tidak kalah dan kami bisa melanjutkan laju tidak terkalahkan. Di laga berikutnya, kami akan coba untuk meraih kemenangan di kandang," tegasnya.

Sementara itu, hasil imbang yang didapat Persija, pada pertandingan pekan ke-11, membuat Skuad Macan Kemayoran kembali gagal meraih poin penuh dalam lima pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sebelumnya, Persija hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Borneo FC, kemudian kalah di kandang Madura United dengan skor 2-0, selanjutnya ditahan imbang Arema FC 2-2 dan kalah dari tuan rumah Dewa United 2-0.

Sehingga, hasil imbang yang didapat pada pertandingan menghadapi Persib, membuat tim besutan Thomas Doll ini tidak dapat meraih kemenangan dalam liga laga Liga 1 2023-2024.

Selain gagal memperbaiki catatan permainannya dalam lima pertandingan terakhir, hasil imbang yang didapat pada pekan ke-11 Liga 1 2023-2024, membuat Skuad Macan Kemayoran harus tertahan di peringkat 11 dengan 14 poin.

Sedangkan bagi Persib, tambahan satu poin dari pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2023-2024, membuat Skuad Maung Bandung naik ke peringkat 9 dengan mengumpulkan 15 poin.