Timnas Indonesia

Potensi Besar dan Usia Muda Buat Erick Thohir Setuju Bawa Jay Idzes ke Timnas Indonesia

Rabu, 6 September 2023 22:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@jayidzes
Erick Thohir selaku Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sambut kedatangan bek Belanda dari klub Liga Italia, Venezia, yakni Jay Idzes. (Foto: Instagram@jayidzes) Copyright: © Instagram@jayidzes
Erick Thohir selaku Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sambut kedatangan bek Belanda dari klub Liga Italia, Venezia, yakni Jay Idzes. (Foto: Instagram@jayidzes)

INDOSPORT.COM - Erick Thohir selaku Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sambut kedatangan bek Belanda dari klub Liga Italia, Venezia, yakni Jay Idzes.

Kedatangan Idzes ke Indonesia tersebut bertujuan untuk memperkuat timnas Indonesia di level senior. Sang pemain sendiri saat ini tengah melakukan proses administrasi usai tiba di tanah air.

Langkah yang diambil Erick ini merupakan salah satu sikap atas tuntutan masyarakat agar timnas Indonesia bisa mendatangkan pemain dari kalangan papan atas.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes  akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasiona untuk Garuda Mendunia,” kata Erick Thohir lewat keterangan tertulis yang diterima INDOSPORT, Rabu (06/09/2023).

Menurut Erick, Izdez bukanlah merupakan pemain yang bisa dipandang sebelah mata. Musim lalu ia adalah andalan tim Go Ahead Eagles yang finish di posisi 11 Liga Belanda kasta tertingi, Eredivisie.

Idzes yang masih berusia 23 tahun itu juga sempat dibidik sangara Belanda. Namun, akhirnya ia lebih memilih peluang bersama timnas Indonesia yang lebih memungkinkannya rutin bermain di level internasional.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan insyaAllah akan menambah kekuatan timnas kita," pungkas Erick Thohir.

Sepintas mengenai profil dari seorang Jay Idzes, ia merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000, yang mana negara tersebut sekaligus menjadi tempat tinggal kedua orang tuanya.

Jay Idzes sendiri saat ini bermain di salah satu klub Serie B Italia, Venezia FC. Dirinya juga memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya.

Idzes sudah bermain sepak bola sejak usia 7 tahun. Awal karier sepak bola Jay dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Dirinya bermain selama 1,5 tahun di tim itu. Di usia 9 tahun, Jay dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven.

Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, Jay Izdez bergabung dengan Akademi VVV-Venlo dan Helmodsports pada tahun 2014 silam. Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Pemain berusia 23 tahun itu kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027.