In-depth

Diisukan ke Mantan Timnya, Ini Alasan David da Silva harus Dipertahankan Persib Bandung

Kamis, 7 September 2023 07:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain asing asal Brasil, David da Silva, santer dikabarkan menjadi incaran Persebaya Surabaya lantaran kontraknya akan segera berakhir di tim Persib Bandung. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain asing asal Brasil, David da Silva, santer dikabarkan menjadi incaran Persebaya Surabaya lantaran kontraknya akan segera berakhir di tim Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Pemain asing asal Brasil, David da Silva, santer dikabarkan menjadi incaran Persebaya Surabaya lantaran kontraknya akan segera berakhir di tim Persib Bandung.

Dalam laman Transfermarkt, kontrak pemain berusia 33 tahun ini akan berakhir 30 Desember 2023. Meski demikian, belum dipastikan apakah kontrak tersebut bakal diperpanjang atau tidak.

Pasalnya, saat ini tim kebanggaan Bobotoh masih fokus menyelesaikan putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024 dan saat ini akan melakoni pekan ke-12 menghadapi Persikabo 1973, Sabtu (16/09/23).

Meski ditengah isu David da Silva diminati kembali oleh oleh mantan timnya, ada beberapa alasan yang membuat Persib harus mempertahankan pemain yang menggunakan nomor punggung 19 ini.

Berikut ini INDOSPORT merangkum beberapa alasan Persib Bandung harus mempertahankan atau memperpanjang kontrak David da Silva.

- Salah Satu Stiker Asing Berkualitas di Indonesia

David da Silva sejauh ini belum menunjukkan kualitasnya sebagai striker, pasalnya hingga memasuki pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2023-2024 dia baru mengoleksi tiga gol.

Tiga gol David da Silva di kompetisi Liga 1 2023-2024, dicetak dari sembilan pertandingan yang sudah dilakoninya. Pasalnya, pada dua laga sebelumnya dia absen karena mengalami cedera.

Jika melihat torehan gol yang dicetak David da Silva saat ini, memang berbeda jauh dengan musim sebelumnya yang dalam 11 pertandingan sudah mencetak 11 gol.

Sebagai informasi ketika pertama kali bergabung dengan skuad Maung Bandung, dalam setengah musim kompetisi Liga 1 2021-2022 David da Silva tampil 15 pertandingan dan menyumbangkan 7 gol.

Saat Liga 1 2022-2023, David da Silva, kembali menjadi andalan di lini depan skuad Maung Bandung dengan mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 33 laga, serta mengumpulkan 2.763 menit bermain.

Selain itu, David da Silva mampu membuktikan ketajamannya sebagai seorang striker dengan mencetak 24 gol.

Jumlah tersebut, berhasil melampaui koleksi 21 gol dalam satu musim yang sebelumnya dicetak oleh Sutiono Lamso dan Sergio van Dijk di tim Persib.

Sehingga, masih banyak waktu bagi David da Silva di Persib untuk menunjukkan ketajamannya sebagai seorang striker. Pasalnya, kompetisi Liga 1 2023-2024 baru memasuki pekan ke-11.

- Sudah Klop Dengan Pemain Persib Lainnya

David da Silva sudah mengenal karakter permainan rekan-rekannya di skuad Maung Bandung, apalagi dengan teman satu negaranya Ciro Alves yang sering dipasang dengannya di lini depan.

Sebagai informasi, striker asal Brasil ini, direkrut oleh skuad Maung Bandung untuk mengarungi putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2021-2022. Ketika itu, tim kebanggaan Bobotoh dilatih oleh Robert Rene Alberts.

David da Silva, didatangkan oleh Persib Bandung untuk menggantikan posisi Geoffrey Castillion yang resmi dilepas oleh skuad Maung Bandung setelah pertandingan terakhir putaran pertama kompetisi Liga 1 2021-2022, Minggu,(12/12/21).

Sehingga, saat memasuki kompetisi Liga 1 2023-2024 David da Silva sudah mengenal karakter permainan rekan-rekan setimnya.

- Berpengalaman di Sepakbola Indonesia

David da Silva merupakan salah satu pemain asing yang sudah berpengalaman di Indonesia, pasalnya sebelum bergabung dengan tim Persib, dia sudah sempat merasakan atmosfer kompetisi Liga 1.

Saat itu, David da Silva bergabung dengan Persebaya Surabaya pada kompetisi Liga 1 2017 hingga musim 2020. Selama memperkuat Bajul Ijo, dia berhasil mencetak total 35 gol dari 42 pertandingan.

Sehingga, saat bergabung dengan Persib, David da Silva sudah tidak membutuhkan waktu lama berdaptasi. Hal itu, menjadi keuntungan bagi tim kebanggaan Bobotoh.