In-depth

Profil Damian van der Vaart, Putra Legenda Belanda Calon Naturalisasi Timnas Indonesia

Kamis, 7 September 2023 19:15 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Damian van der Vaart. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM - Profil Damian van der Vaart yang merupakan anak legenda Belanda dan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, Damian van der Vaart baru saja mendapatkan sorotan setelah resmi berseragam Ajax Amsterdam U-18 pada Rabu (06/09/23) lalu.

Bergabungnya Damian van der Vaart ke Ajax Amsterdam jelas karena dirinya ingin mengikuti jejak ayahnya bernama Rafael van der Vaart.

Sang ayah merupakan mantan pemain Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda. Ketika bermain untuk de Joden, Rafael van der Vaart tampil sebanyak 156 laga dengan mengemas 61 gol plus 28 assit selama lima tahun.

Berbicara soal Damian van der Vaart, ia merupakan pemain kelahiran Belanda pada 28 Mei 2006 silam. Ia merupakan putra Rafael van der Vaart yang pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Damian van der Vaart memiliki seorang ibu bernama Sylvie Meis. Setelah ditelusuri, sang Ibu ternyata memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang merupakan seorang Belanda-Indonesia.

Sylvie Meis menikah dengan Rafael van der Vaart pada 10 Juni 2005 silam dan melahirkan Damian Rafael van der Vaart setahun kemudian. Meis sendiri merupakan seorang model dan selebriti di Jerman.

Meski lahir dari orang tua yang terkenal, akan tetapi Damian van der Vaart ingin mengikuti jejak sang ayah. Ia menimba ilmu di SC Victoria Hamburg Youth pada 2019.

Setelah satu tahun, ia pindah ke ke klub asal Denmark, Esbjerg Youth pada 27 Juli 2020. Di situ dirinya eberapa kali diturunkan di kompetisi bergengsi.

Damian van der Vaart sempat dimainkan oleh Esbjerg Youth di Reserveligaen atau kompetisi untuk tim cadangan di Denmark. Ia juga bermain di kompetisi Liga Denmark U-19.

Untuk posisi bermain, Damian van der Vaart mengikuti jejak ayahnya yang sering beroperasi sebagai gelandang tengah (CM) atau gelandang serang (AM).

Setelah tiga tahun memperkuat Esbjerg Youth, Damian van der Vaart kemudian digaet oleh klub raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam dengan mahar Rp2,26 miliar.

"Ajax telah mendatangkan Damian van der Vaart. Sang gelandang sudah menyetujui kontrak satu tahun hingga 30 Juni 2024," tulis Ajax dalam situs resmi mereka.

"Pemain kelahitan 28 Mei 2006 ditransfer dari klub Denmark, Esbjerg fB, dimana ia sudah bermain sejak 2020. Di Ajax ia akan bermain untuk tim U-18," imbuhnya.

Sementara itu, Damian van der Vaart sempat dirumorkan bakal memperkuat Timnas Indonesia. Akan tetapi, hingga kini belum ada tanda-tanda dirinya bakal dinaturalisasi.