In-depth

Profil Fareed Sadat, Stiker Timnas Afganistan yang Direkrut PSKC Cimahi

Kamis, 7 September 2023 22:50 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram @pskc_cimahi
Fareed Sadat, stiker Timnas Afganistan yang baru saja direkrut oleh PSKC Cimahi untuk Liga 2 2023. Copyright: © Instagram @pskc_cimahi
Fareed Sadat, stiker Timnas Afganistan yang baru saja direkrut oleh PSKC Cimahi untuk Liga 2 2023.

INDOSPORT.COM - Profil Fareed Sadat, stiker Timnas Afganistan yang baru saja direkrut oleh PSKC Cimahi untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024.

PSKC Cimahi resmi mendatangkan Fareed Sadat, mengenai bergulirnya kompetisi Liga 2 2023-2024, pemain asal Afghanistan ini diperkenalkan tim berjuluk Laskar Sangkuriang melalui akun media sosial klub, Rabu (06/09/23).

Melalui unggahannya, PSKC mejelaskan jika selain berstatus pemain Timnas Afganistan, Fareed Sadat juga memiliki paspor Finlandia.

"Pamaen anyar Laskar Sangkuriang tos sumping, Fareed Sadat pamaen Timnas Afganistan sareng gaduh passport Finlandia bakal ngabela PSKC Cimahi dina Liga 2 musim 2023/2024," tulis PSKC dalam keterangannya.

Keputusan PSKC Cimahi untuk mendatangkan Fareed Sadat, tak lepas dari adanya aturan atau regulasi baru yang diterapkan pada kompetisi Liga 2 musim ini terkait pemain asing.

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menerapkan regulasi setiap tim boleh menggunakan dua pemain asing dengan komposisi satu dari negara bebas dan satu Asia.

Sebelum bergabung dengan PSKC, dari laman Transfermarkt Fareed Sadat pada musim lalu merupakan pemain yang bermain untuk Nakhonsi United di Divisi Dua Liga Thailand. 

Bersama Nakhonsi United, pemain kelahiran 10 November 1998 ini, mendapatkan kesempatan bermain dalam 8 pertandingan dengan mengumpulkan 241 menit bermain.

Jauh sebelumnya, Fareed Sadat mengawali kariernya bersama FC Espoo U-19 di Finlandia, kemudian bergabung dengan Grankulla IFK U-19 pada musim 2014.

Setelah itu, pada musim 2015 dia bermain bersama tim senior FC Espoo, hanya setahun Fareed Sadat kembali pindah klub ke FC Lahti, bersama klub tersebut dia mendapatkan kesempatan bermain 57 pertandingan di berbagai kejuaraan. 

Selain itu, selama memperkuat FC Lathi, Fareed Sadat mengumpulkan 2.096 menit bermain dan berhasil menyumbang enam gol serta dua assist.

Kemudian, Fareed Sadat meninggalkan Finlandia dan bergabung dengan Haukar Hafnarfjördur klub yang berkompetisi di Irlandia di musim 2019. Bersama tim ini, dia bermain dalam tujuh pertandingan dan mengoleksi empat gol.

Fareed Sadat, sempat tidak memiliki klub usai memperkuat Haukar Hafnarfjördur, dia akhirnya kembali ke Finlandia dan bergabung dengan Musan Salama. 

Tiga bulan di Musan Salama, Fareed hijrah ke AC Oulu, di tim ini dia menjadi salah satu andalan dan bermain dalam 22 pertandingan dengan mengoleksi lima gol dan dua assist.

Setelah memperkuat AC Oulu, Fareed Sadat kembali lagi ke Musan Salama. Selama memperkuat tim ini, dia tampil dalam 19 laga dan mencetak 8 gol dan dua assist.

Fareed Sadat, akhirnya mencoba peruntungannya di kawasan Asia Tenggara yakni Kamboja dan bergabung dengan Phnom Penh Crown yang bermain di Cambodian Premier League di musim 2022.

Bersama Phnom Penh Crown, Fareed Sadat hanya bermain dalam dua pertandingan dan salah satunya di Piala AFC. Dalam dua laga itu, dia berhasil mencetak tiga gol dan tiga assist.

Kemudian, pada awal tahun 2023 klub asal Thailand Nakhonsi United, di tim ini dia mendapatkan kesempatan bermain dalam 8 pertandingan dengan mengumpulkan 241 menit bermain.

Selain itu, Fareed Sadat selama kariernya sebagai pemain sepak bola, tercatat sempat bermain di Timnas Finlandia U-19 pada Kualifikasi EURO U-19 pada 2017.

Sedangkan bersama Timnas Afganistan, Fareed Sadat tercatat mendapatkan kesempatan bermain dalam lima pertandingan di berbagai event, dengan mengumpulkan 196 menit bermain.