In-depth

Daftar Lengkap Pemain Asing Liga 2 di Grup 1: Sriwijaya FC Paling Mewah

Kamis, 7 September 2023 16:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presconfrence Launching Kompetisi Liga 2 musim 2023/2024 yang dihadiri Waketum PSSI Zainudin Amali dan Dirut PT LIB Ferry Paulus di Jakarta, Selasa (05/09/23). Kick-off Liga 2 resmi akan digelar pada 10 September mendatang. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presconfrence Launching Kompetisi Liga 2 musim 2023/2024 yang dihadiri Waketum PSSI Zainudin Amali dan Dirut PT LIB Ferry Paulus di Jakarta, Selasa (05/09/23). Kick-off Liga 2 resmi akan digelar pada 10 September mendatang.

INDOSPORT.COM – Sejumlah tim dari Grup 1 Liga 2 musim 23/24 telah lengkapi kuota pemain asing mereka dan dipastikan bakal siap mengarungi kompetisi pada akhir pekan nanti.

Hanya dalam hitungan hari, kasta kedua Liga Indonesia yakni Liga 2 bakal segera bergulir dan memainkan laga perdana pada 10 September 2023.

Di kompetisi musim ini, terdapat 28 tim yang akan bertanding dan terbagi dalam empat grup untuk melakoni babak putaran pertama.

Berbeda dari musim sebelumnya, Liga 2 23/24 memperbolehkan para tim peserta untuk menggunakan jasa pemain asing.

Setiap tim boleh merekrut dua pemain asing, dengan rincian satu pemain dari benua Asia serta satu pemain asing bebas negara.

Khusus di Grup 1, sudah ada beberapa tim yang telah melengkapi slot pemain asing mereka dan dipastikan bakal jadi calon kuat untuk lolos ke babak 12 besar.

Berikut INDOSPORT merangkum, daftar lengkap pemain asing Liga 2 23/24 untuk Grup 1:

Persiraja Banda Aceh
Untuk mengarungi Liga 2 musim ini, Persiraja mengontrak Ricardo Pires asal Brasil serta Arata Takatori dari Jepang.

Dari dua nama di atas, Ricardo Pires tampaknya jadi pemain yang layak diperhitungkan lantaran ia punya pengalaman cukup banyak di kompetisi Amerika Selatan.

Sementara Arata Takatori sebelumnya hanya tampil buat Sannat Lions di Gozo Football League, liga dari negara bagian Malta.

PSDS Deli Serdang
Wakil dari Sumatera Utara, PSDS Deli Serdang juga melakukan transfer pemain asing dengan mendatangkan Masoabi Nkoto serta Noriki Akada.

Dari pemain yang didatangkan tersebut, Masoabi Nkoto bakal jadi tumpuan PSDS. Apalagi musim lalu bintang Timnas Leshoto itu tampil apik dengan mencetak 16 gol dari 26 pertandingan bersama Jawalakhel di Liga Nepal.

PSMS Medan
PSMS Medan juga terlihat aktif di bursa transfer Liga 2 kali ini dan telah merekrut Matheus Souza serta Kim Jin-sung sebagai amunisi asing mereka.

Jika melihat dari trek rekor yang ada, dua pemain asing yang didatangkan PSMS terbilang sangat oke. Matheus Souza misalnya, ia merupakan mantan pemain Liga Thailand yang musim lalu memperkuat Suphanburi.

Sementara Kim Jin-sung adalah wonderkid Korea Selatan yang musim ini dipinjam PSMS medan dari klub K-League 1, FC Seoul.

PSPS Riau
Tak mau kalah saing dengan para tim Sumatera lainnya, PSPS Riau juga melengkapi slot pemain mereka di Liga 2 musim usai mendatangkan Drago Maksimovic serta Lee Min-woo.

Secara statistik, kedua pemain asing tersebut punya catatan yang cukup dan bisa membuat PSPS melaju mudah ke babak berikutnya.

Tercatat, Drago Maksimovic adalah mesin gol di Liga Bosnia yang musim lalu sukses mencetak 13 gol dari 28 pertandingan.

Sedangkan Lee Min-Woo adalah pemain senior Korea Selatan yang musim lalu torehkan 16 laga di K-League 3.

Sada Sumut FC
Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari klub Sada Sumut FC bahwa mereka telah mendatangkan pemain asing untuk Liga 2 23/24.

Semen Padang FC
Sang mantan kuda hitam Liga 1 ini sepertinya sangat serius untuk kembali ke kasta teratas Liga Indonesia dengan mengontrak dua bintang asing top, Kenneth Ikechukwu dan Kim Min-gyu.

Kenneth Ikechukwu adalah penyerang asal Nigeria yang sempat jadi predator gol berbahaya di Liga Bangladesh. Sementara Kim Min-gyu merupakan bek Korea Selatan yang jadi andalan di Liga Super Malaysia.

Sriwijaya FC
Jika dilihat dari keseluruhan pemain asing yang ada di Grup 1, tampaknya Sriwijaya FC jadi tim yang paling mengerikan.

Pasalnya, skuat berjuluk Laskar Wong Kito tersebut mererkut dua pemain asing berlabel timnas yakni Kervens Belfort serta Chencho Gyeltshen.

Kervens Belfort merupakan pilar Timnas Haiti dengan torehan 37 caps, sementara Chencho Gyeltshen merupakan penyerang Timnas Bhutan yang sudah mencetak 12 gol dari 42 pertandingan.