In-depth

Profil Derrick Sasraku, Striker Malut United di Liga 2 yang Hebohkan Media Afrika

Selasa, 5 September 2023 19:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Indra Citra Sena/INDOSPORT
Peluncuran skuat Malut United FC untuk Liga 2 2023/24. Copyright: © Indra Citra Sena/INDOSPORT
Peluncuran skuat Malut United FC untuk Liga 2 2023/24.

INDOSPORT.COM – Klub Liga 2 Malut United sukses hebohkan media luar negeri usai datangkan bintang asing, Derrick Sasraku pada bursa transfer kali ini.

Jelang bergulirnya Liga 2 musim 23/24 pada Minggu (10/9/23) nanti, sudah ada beberapa tim yang bergerak agresif untuk mendatangkan pemain anyar.

Apalagi dengan peraturan yang memperbolehkan tiap klub merekrut pemain asing, banyak tim yang rela jor-joran demi dapatkan amunisi asing berkualitas.

Salah satunya adalah Malut United FC. Klub merupakan peralihan dari Putra Delta Sidoarjo (PDS) ini telah resmi mengumumkan pemain anyar mereka, Derrick Sasraku.  

Bahkan kabar bergabungnya Derrick Sasraku ke Malut United FC langsung jadi sorotan di negara asal sang pemain, Ghana.

Dilansir dari laman Ghana Soccernet, mengabarkan bahwa Malut United FC sukses memboyong Derrick Sasraku dan akan jadi pilar penting di Liga 2.

"Klub Indonesia, Malut United FC telah mengumumkan perekrutan striker Ghana, Derrick Sasraku, menjelang bergulirnya musim 2023/24,” tulis Ghana Soccernet.

“Dia telah tiba di Jakarta dan akan melakoni adaptasi latihan dengan asisten pelatih," tambah laman tersebut.

Dengan kehadiran Derrick Sasraku, maka Malut United kini sudah melengkapi slot pemain asing mereka di Liga 2 23/24.

Sebelumnya, manajemen Naga Gamalama telah lebih dulu memperkenalkan gelandang asal Uzbekistan, Mukhammad Isaev sebagai amunisi anyar.

Khusus untuk Derrick Sasraku, kedatangan pemain Ghana tersebut jadi sorotan tersendiri lantaran sukses membuat media Afrika tertarik mengulasnya.

Lantas seperti apakah perjalanan karier Derrick Sasraku sebelum resmi bergabung dengan Malut United? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Melansir dari sejumlah media, diketahui bahwa Derrick Sasraku merupakan salah satu striker Afrika yang punya banyak pengalaman bermain di kompetisi Asia.

Tercatat, penyerang berusia 29 tahun itu memulai karier sepakbola profesionalnya dengan memperkuat tim lokal Ghana, Aduana Stars pada tahun 2016 hingga 2018.

Selama dua musim memperkuat Aduana Stars, dirinya mampu tampil sebanyak 27 kali dan mencetak 12 gol di semua kompetisi, termasuk di ajang Liga Champions Afrika.

Sebagai informasi, Derrick Sasraku berhasil membawa Aduana Stars menjuarai Ghanaian Premier League tahun 2017 dan membuat klub tersebut lolos ke babak kualifikasi CAF Champions League.

Usai tiga musim tampil di Liga Ghana, pada 27 Januari 2020 Derrick Sasraku hengkang ke luar negeri dan memperkuat Club Africain di Tunisia.

Bersama klub tersebut, Derrick Sasraku tampil sebanyak 17 pertandingan dan membantu Club Africain finish di peringkat lima klasemen Liga Tunisia.

Dua tahun berselang, Derrick Sasraku sempat kembali ke Ghana dan memperkuat tim lokal Medeama. Namun 5 bulan kemudian ia kembali hengkang ke luar negeri dan main untuk KF Tirana di Liga Albania.

Bersama tim tersebut, Derrick Sasraku torehkan 13 caps dan mencetak satu gol serta satu assists di semua kompetisi untuk musim 20/21.

Pada Oktober 2021, akhirnya perjalanan karier Derrick Sasraku di Asia dimulai dengan memperkuat Saham Club di Liga Oman.

Kemudian pada Januari 2022, ia resmi dikontrak klub Oman lain yakni Muscat Club sebelum akhirnya bergabung dengan Malut United di Liga 2 musim ini.