Timnas Indonesia

Beckham Putra Dipulangkan, Tak Ada Pemain Persib di Timnas Indonesia U-23

Minggu, 10 September 2023 12:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia U-22, Beckham Putra dengan medali emasnya di SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/05/23). Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia U-22, Beckham Putra dengan medali emasnya di SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/05/23).

INDOSPROT.COM - Beckham Putra Nugraha dipulangkan, sehingga saat ini tidak ada pemain Persib Bandung yang bermain di Timnas Indonesia U-23 dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memulangkan empat pemain menjelang pertandingan perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 menghadapi Taiwan, salah satunya Beckham Putra Nugraha.

Gelandang andalan Persib Bandung tersebut, terpaksa dipulangkan dari Skuad Garuda Muda karena mengalami cedera yang kabarnya didapat saat memperkuat tim kebanggaan Bobotoh.

Dipulangkannya Beckham Putra Nugraha, membuat Timnas Indonesia U-23 di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 tanpa perwakilan dari Persib Bandung.

Padahal sebelumnya, Beckham merupakan satu-satunya pemain yang mewakili Persib Bandung di Timnas Indonesia U-23 pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya, Beckham sudah lebih dulu mendapatkan panggilan Timnas Indonesia U-23 untuk tampil di Piala AFF U-23 2023 yang berlangsung di Thailand, Agustus 2023. Saat itu, dia bersama rekan satu timnya dari Persib, Robi Darwis.

Pada Piala AFF U-23 2023 tersebut, pemain yang menggunakan nomor punggung 7 ini menjadi andalan Timnas Indonesia U-23, dari empat laga Beckham turun sebagai starter.

Pada pertandingan perdana di Piala AFF U-23 2023 menghadapi Malaysia, Beckham tampil penuh, namun dalam laga itu Skuad Garuda Muda harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 2-1.

Kemudian pada pertandingan kedua, menghadapi Timor Leste, Beckham kembali menjadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia U-23. Dalam laga itu, Skuad Garuda Muda unggul dengan skor 1-0 melalui Ramadhan Sananta.

Gol tunggal Ramadhan Sananta pada pertandingan kedua Piala AFF U-23 2023 tersebut, tercipta tak lepas dari umpan dari Beckham Putra Nugraha di menit 44.

Selanjutnya pada babak semifinal, menghadapi tuan rumah Thailand, Beckham kembali menjadi starter, namun di laga yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia 3-1 itu, dia hanya tampil 80 menit dan digantikan oleh Mohammad Kanu.

Sedangkan pada pertandingan final menghadapi Vietnam, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong kembali memberikan kepercayaan kepada Beckham untuk tampil sebagai starter.

Namun, sayang pada pertandingan puncak tersebut, Skuad Garuda Muda harus mengakui keunggulan Vietnam melalui adu penalti, sehingga Timnas Indonesia harus puas berada di peringkat kedua Piala AFF U-23 2023.

Selain itu, sebelumnya Beckham menjadi satu-satunya pemain Persib yang bergabung dengan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri yang tampil di SEA Games 2023 di Kamboja.

Pada SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas, setelah di pertandingan final berhasil menaklukkan Thailand dengan skor 5-2.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/05/23) malam, skuad Garuda sudah lebih dulu unggul 2-0 di babak pertama melalui Ramadhan Sananta (20’ dan 45+4’).

Namun, di babak kedua Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, sehingga pertandingan final ini harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Saat perpanjangan waktu, Timnas Indonesia justru berhasil mencetak tiga gol melalui Irfan Jauhari (91’) Fajar Fathur Rahman (107') dan ditutup oleh gol Beckham Putra Nugraha (120').

Hasil tersebut, membuat Indonesia kembali mencatatkan sejarah di SEA Games, pasalnya sudah cukup lama Skuad Garuda tidak meraih medali emas pada ajang ini.

Terakhir kali Indonesia meraih hasil maksimal dalam cabang olahraga sepak bola SEA Games yakni pada 1991. Sehingga, Beckham menjadi pemain Persib Bandung yang turut mencatatkan sejarah bagi Timnas Indonesia di ajang tersebut.