Timnas Indonesia

Erick Thoir dan Shin Tae-yong Mesra, Jadi Warna Semangat Baru Timnas Indonesia

Minggu, 10 September 2023 17:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Perkembangan signifikan Timnas Indonesia dinilai tak lepas dari kemesraan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan pelatih Shin Tae-yong. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Perkembangan signifikan Timnas Indonesia dinilai tak lepas dari kemesraan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan pelatih Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia terus menunjukkan perkembangan signifikan. Kemajuan skuad Garuda dinilai tak lepas dari kemesraan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan juga Shin Tae-yong, sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia baru saja meraih hasil manis di mana Timnas Indonesia senior meraih kemenangan atas Turkmenistan dengan skor 2-0.

Kemenangan Timnas Indonesia berlanjut di Timnas Indonesia U-23. Skuat Garuda Asia meraih kemenangan 9-0 atas Chinese Taipei di Kualifikasi Piala AFC U-23.

Dua hasil positif ini mendapat tanggapan positif dari pengamat Sepak bola Justinus Lhaksana yang di mana tim nasional (timnas) mengalami perubahan yang cukup signifikan saat ini.

Pria yang lebih dikenal dengan Coach Justin itu menyebut hal ini merupakan buah dari kerja keras dan perubahan menyeluruh yang dilakukan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah kepemimpinan Erick Thohir dan juga pelatih timnas, Shin Tae-yong (STY).

"Kinerja antar PSSI dan pelatih itu penting, bukan hanya ketum, sehingga pelatih bisa bebas berkarya dan memberikan hasil yang positif seperti sekarang," ujar Justin pada Minggu (10/09/23).

Justin menilai Shin Tae-yong mendapatkan dukungan penuh dari Erick Thohir untuk membentuk tim sesuai dengan keinginannya. Selain itu, Shin Tae-yong juga memiliki keleluasaan penuh dalam mempersiapkan timnas dalam menghadapi berbagai ajang kompetisi.

"PSSI memberikan fasilitas dan pelatih yang bekerja," ucap mantan pelatih timnas futsal Indonesia tersebut.

Justin sejak lama mengatakan perubahan tak melulu soal kemenangan. Yang terpenting, ucap Justin, Shin Tae-yong telah membawa level timnas meningkat dengan permainan yang lebih percaya diri dalam menguasai bola.

Dengan persiapan yang matang dan didukung pola permainan yang atraktif, Justin tidak kaget jika Timnas U-23 menang telak atas China Taipei atau Taiwan dengan sembilan gol tanpa balas.

"Jelas kerjaan Shin Tae-yong ada hasilnya, bukan hanya dari skor tapi juga permainan, itu sudah puluhan kali saya bilang," ucap Justin.

Untuk itu, Justin menyampaikan tolok ukur keberhasilan Shin Tae-yong dan PSSI tidak melulu soal hasil pertandingan. Justin menyebut timnas harus secara bertahap dan konsisten dapat terus meningkatkan level permainannya.

"Soal tren positif pasti nanti ada kalahnya karena ini proses. Pelatih itu bukan tukang sulap, tapi asalkan trennya meningkat ya tidak masalah," kata Justin.

Timnas Indonesia U-23 sendiri tampil begitu trengginas saat melumat China Taipei dengan skor 9-0 dalam laga perdana Grup K, Kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (09/09/23).