In-depth

Kapan Terakhir Timnas Sepak Bola Putra Indonesia Raih Medali Asian Games?

Minggu, 10 September 2023 16:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Florence Lo
Ilustrasi Asian Games 2022 yang sebentar lagi akan digelar di Hangzhou. Foto: REUTERS/Florence Lo. Copyright: © REUTERS/Florence Lo
Ilustrasi Asian Games 2022 yang sebentar lagi akan digelar di Hangzhou. Foto: REUTERS/Florence Lo.

INDOSPORT.COM - Kapan timnas sepak bola putra Indonesia terakhir kali meraih medali Asian Games? Jawabannya sudah lama sekali, pada 1958 silam.

Ya, lebih dari setengah abad sudah Indonesia merasakan manisnya medali dari cabor sepak bola Asian Games.

Sejarah mencatat, timnas sepak bola putra Indonesia berhasil menjadi semifinalis dan pada akhirnya membawa pulang medali perunggu pada 1958.

Saat itu, Asian Games dihelat di Tokyo, Jepang, pada bulan Mei hingga Juni, dan baru memasuki tahun penyelenggaraan yang ketiga (III).

Sepak bola putra menjadi salah satu dari sekian olahraga yang masih sedikit dipertandingkan pada waktu itu.

China pun tampil sebagai peraih medali emas setelah menumbangkan seteru beratnya, Korea Selatan, di final. Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Timnas Indonesia mengawali langkah mereka dengan bersaing di Grup B yang juga beranggotakan India dan Burma (sekarang Myanmar).

Tan Liong Houw dkk pun tampil cemerlang dengan memenangkan seluruh pertandingan menghadapi dua rival tersebut dan meraup poin penuh.

Di pertandingan perdana, Indonesia menang meyakinkan dengan skor 4-2 atas Burma, lalu menekuk tipis India 3-2 saat matchday kedua.

Berkat hasil apik dan poin maksimal tersebut, Indonesia pun lolos ke perempat final bersama India yang berstatus runner-up, sedangkan Burma tersingkir.

Perjuangan Indonesia terasa makin berat lantaran turnamen sudah menginjak fase gugur. Musuh yang dihadapi di perempat final adalah Filipina.

Indonesia pun tampil sebagai pemenang usai mengalahkan Filipina. Tidak tanggung-tanggung, mereka unggul dengan skor besar, 5-2.

Sayangnya, langkah menuju partai puncak kemudian terjegal oleh China yang memenangkan putaran semifinal lewat skor tipis, 1-0.

Meski tiket untuk berburu medali emas sudah melayang, Timnas Indonesia masih punya harapan di laga perebutan perunggu.

Dewi fortuna pun mau berbaik hati dan berpihak kepada Indonesia. India yang jadi lawan di partai ini pun keok dengan skor 1-4.