Timnas Indonesia

Penjelasan PSSI soal Asnawi Mangkualam Bisa Batal Gabung Timnas U-24 di Asian Games 2022

Minggu, 10 September 2023 09:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

INDOSPORT.COM - Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan belum bisa memastikan pemain yang merantau di luar negeri bisa bergabung ke Timnas U-24 saat Asian Games 2022 pada 23 September - 8 Oktober mendatang di China. 

Endri menjelaskan, skuad Timnas U-24 akan didominasi nama-nama dari Timnas U-23 yang saat ini ikut Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Nantinya ditambah tiga pemain senior.

Dengan demikian, lima pemain Timmas U-23 yang berkarir di luar negeri yakni Pratama Arhan, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner dan Rafael Struick masuk incaran. 

Tapi, PSSI masih menunggu jawaban dari klub pemilik lantaran Asian Games bukan merupakan agenda resmi FIFA. 

"Untuk temen-temen yang diaspora (keturunan) yang main di luar negeri mungkin 70 persen bisa ikut. Sisanya tergantung klubnya boleh melepas atau enggak," kata Endri Erawan. 

Selain pemain abroad dari Timnas U-23, PSSI juga memanggil 'perantau' dari tim senior seperti Asnawi Mangkualam, Jordi Amat hingga Saddil Ramdani. 

"Itu tergantung dari klubnya, tapi sudah melakukan pembicaraan mudah-mudahan bisa. Karena ini kan ajangnya Asia dan klubnya Arhan, Asnawi, dan Saddil di Asia juga," ujar Endri Erawan. 

"Mungkin bisa kita bicarakan kepada mereka (klub) bahwa ini, meski bukan agenda FIFA tapi paling tidak kejuaraan resmi tingkat Asia, jadi negara mereka juga ikut, Jepang, Korea, Malaysia," tambah pria yang juga anggota Exco PSSI. 

PSSI tidak memasang target juara di Asian Games 2022, tapi federasi berharap skuad Garuda Muda bisa melangkah jauh. Cabor sepak bola Indonesia terakhir berpartisipasi pada Asian Games 2018 lalu.