In-depth

Madura United Lepas Dua Striker ke Klub Liga 2, Bagaimana Statistiknya?

Minggu, 10 September 2023 06:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Madura United
Beto Goncalves stay di Madura United. Copyright: © MO Madura United
Beto Goncalves stay di Madura United.

INDOSPORT.COM - Madura United membuat keputusan mengejutkan setelah melepas Alberto Goncalves Da Costa alias Beto ke klub Liga 2 musim 2023/2024, PSBS Biak.

Beto, sapaan karib striker naturalisasi kelahiran Brasil itu, akan membela PSBS Biak dengan status pinjaman selama kompetisi kasta kedua di Indonesia itu bergulir.

Konfirmasi itu diberikan manajer tim, Umar Wachdin melalui rilisnya Sabtu (9/9/23). Klub berjulukan Laskar Sape Kerrab itu mendukung penuh keputusan Beto.

"Beto menyampaikan ingin kembali mencoba tantangan untuk berpartisipasi mempromosikan tim peserta Liga 2," bilang Umar Wachdin.

"Beto menyampaikan langsung kepada manajemen dalam diskusi panjang dan dengan banyak pertimbangan," sambung figur asli Pamekasan, Madura tersebut.

Berlaga di Kompetisi Liga 2 sebagai pemain pinjaman bukan kali ini dialami Beto. Pada 2021, dia sempat membela Persis Solo dan berkontribusi penting mengantar timnya promosi ke Liga 2.

"Meski Beto masih dibutuhkan klub, tapi harus kami hormati. Semoga Beto mampu menjalankan misinya dengan baik," ungkap Umar Wachdin.

Sebelum Beto, Madura United juga mengurangi jumlah skuatnya. Bedanya, Kevy Syahertian menuju klub Liga 2 Grup 2, Persikab Bandung bukan sebagai pinjaman.

"Kevy pamit mengundurkan diri demi menambah jam terbang. Klub dan pemain bersepakat mengakhiri kontrak lebih cepat," tandas Umar.

Lantas, bagaimana statistik 2 striker yang dilepas Madura United selama berkiprah di Liga 1? Berikut Indosport menyajikan data-datanya.

Kevy Syahertian

Keputusan striker berusia 24 tahun ini untuk menambah jam terbang ke Liga 2 dinilai cukup tepat. Pemain asal Malang ini baru tampil 2 kali musim ini dari bench.

Terlebih, dia sudah berpengalaman berkiprah di Liga 1 selama memperkuat Madura United. Dia lebih dulu mengasah kemampuan di tim muda Madura United.

Kevy lantas mendapat kesempatan promosi ke tim senior sejak Liga 1 musim 2019. Dia cuma tampil 3 kali dan 1 kali saja saat musim 2020 lalu.

Jam terbangnya mulai naik memasuki musim 2021 saat bermain 24 kali dan mencetak 1 gol. Kevy sempat dipinjamkan ke Rans Nusantara FC paruh musim lalu dengan mencatat 11 kali penampilan dengan 1 gol.

Beto Goncalves

Kehadiran para pemain asing berusia muda membuat Beto perlahan kehilangan tempat sebagai starter di Madura United. Kepindahannya ke PSBS Biak juga tepat.

Kendati pada musim ini, performanya masih kompetitif di level Liga 1. Beto mencetak 1 gol dari 9 laga di era kepelatihan Mauricio Souza musim ini.

Beto juga sudah menjalani periode terbaik selama 5 musim membela MU. Sejak 2019 hingga 2023, dia mencatat 86 kali penampilan dengan 39 gol.

Sementara kiprahnya di Liga 2 juga terbilang cemerlang. Dia membantu Persis Solo menjuarai kompetisi dan promosi ke Liga 1, sekaligus meraih gelar top skorer dengan 11 gol musim 2021/2022 lalu.